Marselino Ferdinan Cetak Sejarah usai Bobol Irak di Piala Asia, Dibahas Opta
Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan berebut bola dengan bek Irak #03 Hussein Ali dan #20 Osama Rashid pada pertandingan Grup D Piala Asia 2023 antara timnas Indonesia vs Irak di Stadion Ahmad bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha pada 15 Januari , 2024. KARIM JAAFAR / AFP
05:48
16 Januari 2024

Marselino Ferdinan Cetak Sejarah usai Bobol Irak di Piala Asia, Dibahas Opta

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan mencatatkan sejarah usai mencetak gol ke gawang Irak dalam matchday pertama Grup D Piala Asia 2023, Senin (15/1/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Marselino mencetak gol yang membuat Timnas Indonesia sempat menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-37.

Marselino membalas gol Mohanad Ali pada menit ke-17 lewat finishing klinis di mana dia mengonversi umpan silang Yakob Sayuri di mulut gawang.

Gol tersebut tidak hanya menjadikannya sebagai pemain Indonesia pertama yang mencetak gol di Piala Asia sejak Elie Aiboy pada edisi 2007 silam.

Namun, gol tersebut nyatanya membuat Marselino Ferdinan masuk sejarah yang lebih luas di mana dirinya menjadi pemain klub kasta kedua Liga Belgia pertama yang mencetak gol di Piala Asia.

Hal itu dibahas oleh Opta, perusahaan layanan statistik olahraga. Opta mengumumkan informasi itu melalui akun X @OptaJohan yang fokus membahas statistik sepak bola Belanda dan Belgia.

"Pemain KMSK Deinze, Marselino Ferdinan adalah pemain pertama dari kasta kedua Liga Belgia (Belgian CHallenger Pro League) yang mencetak gol di Piala Asia. Garuda," tulis Opta dikutip Suara.com pada Senin (15/1/2024).

Sayangnya, gol Marselino Ferdinan sejauh ini tidak mampu melecut Timnas Indonesia untuk bangkit. Skuad Garuda justru tertinggal 1-3 ketika berita ini tayang.

Usai Marselino mencetak gol penyama kedudukan, Irak berhasil mencetak gol kedua lewat Osama Rashid pada menit 45+7 sebelum Ayman Hussein menambah keunggulan mereka 15 menit jelang waktu normal berakhir.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #marselino #ferdinan #cetak #sejarah #usai #bobol #irak #piala #asia #dibahas #opta

KOMENTAR