Kelemahan Timnas Indonesia U-23 Terekspos Arab Saudi, Efek Justin Hubner dan Dewangga Absen
Cuplikan Laga Timnas Indonesia U-23 vs. Arab Saudi U-23. (pssi.org)
17:06
6 April 2024

Kelemahan Timnas Indonesia U-23 Terekspos Arab Saudi, Efek Justin Hubner dan Dewangga Absen

Kelemahan Timnas Indonesia U-23 terekspos oleh Arab Saudi U-23 dalam laga uji coba jelang Piala Asia U-23 2024 di Sevens Stadium, Dubia, Uni Emirat Arab (UEA), Sabtu (6/4/2024) dini hari WIB.

Arab Saudi U-23 berhasil mengalahkan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 3-1. Gol semata wayang Garuda Muda dicetak bek tengah Komang Teguh.

Tim asuhan Shin Tae-yong tampil di laga ini dengan formasi 3-4-3, tetapi lini belakang dianggap mengkhawatirkan setelah batalnya Justin Hubner dan Alfeandra Dewangga bergabung dengan tim.

Tanpa Hubner dan Dewangga, Timnas Indonesia U-23 mengandalkan Rizky Ridho, Muhammad Ferarri dan Komang Teguh. Hasilnya, mereka kebobolan tiga gol.

Shin Tae-yong tak menampik Arab Saudi berhasil mengekspos kelemahan lini belakang tim Merah Putih dalam laga ini. Dia mengaku akan mencari solusi dari absennya beberapa bek andalan jelang Piala Asia U-23 2024.

"Memang ada masalah di lini belakang karena ada beberapa pemain yang tidak bisa bergabung. Jadi itu yang sedang dipikirkan bagaimana antisipasi lini belakang," kata Shin Tae-yong pasca pertandingan.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (pssi.org)

Timnas Indonesia U-23 memang mengalami kendala pemanggilan pemain khususnya di lini belakang. Justin Hubner tak dilepas Cerezo Osaka, sementara Alfeandra Dewangga masih menjalani pemulihan pasca operasi ketiak kiri.

Di sisi lain, bek SC Heerenveen Nathan Tjoe-A-On juga dikabarkan batal membela Garuda Muda karena tak dilepas klub mengingat Piala Asia U-23 2024 tak bergulir dalam kalender resmi FIFA.

Kehilangan bek-bek andalan hanya direspons Shin Tae-yong dengan memanggil satu pemain pengganti yakni bek muda Persib Bandung, Kakang Rudianto.

Situasi itu membuat bek tengah Timnas Indonesia kini cuma diisi Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferarri dan Kakang Rudianto.

Timnas Indonesia U-23 akan berstatus debutan di Piala Asia U-23 2024. Mereka tergabung di Grup A bersama Qatar, Yordania dan Australia.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kelemahan #timnas #indonesia #terekspos #arab #saudi #efek #justin #hubner #dewangga #absen

KOMENTAR