Statistik Wonerkid Marselino Ferdinan - Zidane Iqbal di Timnas Indonesia Vs Irak, Siapa Lebih Bagus?
Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan saat bertanding melawan Palestina di FIFA match day bulan Juni 2023 (pssi.org)
11:12
15 Januari 2024

Statistik Wonerkid Marselino Ferdinan - Zidane Iqbal di Timnas Indonesia Vs Irak, Siapa Lebih Bagus?

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak pada Piala Asia 2023 pada 15 Januari 2024.

Duel ini menjadi panggung pembuktian untuk wonderkid kelas dunia, Marselino Ferdinan (19 tahun, KMSK Deinze), dan Zidane Iqbal (20 tahun, FC Utrecht).

Sebelumnya, Zidane Iqbal juga memiliki pengalaman bermain untuk Manchester United.

Meskipun begitu, Marselino Ferdinan ternyata unggul dalam catatan penampilan bersama timnas senior, dengan posisi yang sama sebagai gelandang serang.

Pemain muda Manchester United Zidane Iqbal melewati dua pemain Melbourne Victory dalam tur pramusim Setan Merah di Australia, 15 Juli 2022. [AFP]Pemain muda Manchester United Zidane Iqbal melewati dua pemain Melbourne Victory dalam tur pramusim Setan Merah di Australia, 15 Juli 2022. [AFP]

Menurut informasi dari transfermarkt yang dilansir oleh BolaSport.com, Marselino Ferdinan telah tampil sebanyak 15 kali untuk timnas Indonesia.

Di sisi lain, Zidane Iqbal baru bermain empat kali untuk timnas Irak.

Ketika melihat kontribusi, Marselino Ferdinan telah mencatatkan dua gol dan satu assist dalam penampilannya.

Di sisi lain, Zidane Iqbal belum berhasil mencetak gol maupun memberikan assist.

Marselino Ferdinan saat memperkuat Timnas Indonesia di laga uji coba melawan Libya pada 2 Januari 2024 (pssi.org)Marselino Ferdinan saat memperkuat Timnas Indonesia di laga uji coba melawan Libya pada 2 Januari 2024 (pssi.org)

Perbandingan ini menambah elemen menarik pada pertemuan mereka di Piala Asia 2023 dan memberikan pandangan lebih mendalam tentang kontribusi keduanya untuk timnas masing-masing.

Prediksi Pertandingan

Timnas Indonesia akan melakoni matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak. Pertandingan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Senin (15/1/2024) malam WIB.

Pertandingan pertama tentunya sangat penting untuk dimenangkan. Tapi, tentu saja tidak mudah karena butuh perjuangan mengingat lawan begitu kuat.

Di atas kertas Timnas Indonesia sama sekali tidak diuntungkan bisa memenangi pertandingan ini. Bahkan, Skuad Garuda menjadi yang paling rendah ranking FIFA-nya ketimbang tim lain di Grup D seperti Irak, Jepang, dan Vietnam.

Timnas Indonesia juga memiliki modal yang tidak bagus menatap kejuaraan ini. Tiga uji coba mereka laluo dengan hasil kekalahan.

Dua kali menghadapi Libya, tim Merah Putih menderita kekalahan 0-4 dan 1-2. Selanjutnya, Timnas Indonesia dihajar Iran lima gol tanpa balas.

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia vs Irak juga tidak begitu bagus. Skuad Garuda dihajar 5-1 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Namun, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjamin penampilan anak asuhannya bakal berbeda dari sebelumnya. Persiapan yang dilakukan sebelumnya akan membuat Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan lebih kuat.

"Kali ini kami akan tunjukkan performa yang berbeda. Saya tidak bisa menebak hasil akhirnya, tapi kalian akan bisa melihat perubahan dan akhir yang berbeda dari (pertandingan) sebelumnya," ungkap Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga.

Irak tidak mau meremehkan Timnas Indonesia. Menurutnya, penampilan skuad Garuda kali ini akan berbeda dari sebelumnya.

Apalagi, banyak wajah baru di kubu Timnas Indonesia. Oleh sebab itu, Irak waspada.

"Mereka (Timnas Indonesia) tim nasional yang sedang berkembang dan membawa pemain dari Eropa. Mereka juga punya peluang (menang). Tapi kami juga akan berusaha keras," ujar Jesus Casas, Pelatih Irak.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #statistik #wonerkid #marselino #ferdinan #zidane #iqbal #timnas #indonesia #irak #siapa #lebih #bagus

KOMENTAR