Jadwal Masih Kacau, Erick Thohir Perintahkan LIB Susun Waktu Kompetisi Sampai 2027 Secara Tepat
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan penjelasan dalam rapat Exco PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Jakarta, Rabu (3/4/2024). (ANTARA/HO-Dok. PSSI)
11:24
4 April 2024

Jadwal Masih Kacau, Erick Thohir Perintahkan LIB Susun Waktu Kompetisi Sampai 2027 Secara Tepat

Ketua Umum PSSI Erick Thohir perintahkan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus untuk menyusun jadwal kompetisi sampai 2027 secara tepat. Ia tidak mau waktu berbenturan dengan agenda Timnas Indonesia.

Hal ini disampaikan Erick Thohir saat memimpin rapat Exco, Rabu (3/4/2024). Lelaki yang juga Menteri BUMN itu ingin saat pembuatan jadwal, PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) dilibatkan.

Tentu supaya program Timnas Indonesia dari senior hingga kelompok umur berjalan dengan baik. Tentu dengan catatan klub tidak merasa dirugikan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (keempat kiri) saat memimpin rapat Exco PSSI di Jakarta, Rabu (3/4/2024). (ANTARA/HO-Dok. PSSI)Ketua Umum PSSI Erick Thohir (keempat kiri) saat memimpin rapat Exco PSSI di Jakarta, Rabu (3/4/2024). (ANTARA/HO-Dok. PSSI)

"Saya mau minta pak Ferry (Direktur Utama PT LIB) musti bikin kalender (Kompetisi liga) sampai 2027. Saya ingin ada rembuk antara liga, PSSI, dan tentu BTN," kata Erick Thohir dilansir dari Instagram miliknya, Kamis (4/4/2024).

Seperti diketahui, pemanggilan pemain ke tim nasional sering menjadi polemik dengan klub-klub BRI Liga 1. Masalahnya adalah, pemain dipanggil di luar kalender FIFA.

Alhasil, klub tidak wajib melepas pemainnya. Tentu ini merugikan bagi tim nasional karena tak bisa menerjunkan kekuatan terbaik.

Sebagai contoh di Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung mulai 15 April mendatang. PSSI sampai harus menghentikan BRI Liga 1 sementara waktu dadakan agar klub mau melepas pemain.

"Mana yang kita berhentikan, mana yang tidak, tetapi kita sudah rencanakan sampai 2027. Ada AFF klub, ada AFF timnas, berhenti atau tidak," pungkasnya.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #jadwal #masih #kacau #erick #thohir #perintahkan #susun #waktu #kompetisi #sampai #2027 #secara #tepat

KOMENTAR