4 Hal Menarik yang Tercipta Usai Timnas Indonesia Hancurkan Vietnam 3-0 di My Dinh
Ragnar Oratmangoen (nomor 11) berselebrasi bersama para pemain Timnas Indonesia di laga melawan Vietnam, 26 Maret 2024 (pssi.org)
11:42
27 Maret 2024

4 Hal Menarik yang Tercipta Usai Timnas Indonesia Hancurkan Vietnam 3-0 di My Dinh

Setelah memenangkan pertandingan melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3/2024), Timnas Indonesia mencatat sejumlah rekor sukses dalam lanjutan Grup F Ronde Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kemenangan 3-0 di kandang Vietnam pada laga keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menjadi pencapaian gemilang bagi Timnas Indonesia.

Gol-gol yang membawa kemenangan tersebut dicetak oleh Jay Idzes (menit ke-8), Ragnar Oratmangoen (menit ke-23), dan Ramadhan Sananta (menit ke-90+8').

Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kanan) berselebrasi dengan rekannya Justin Hubner (kiri) usai mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam dalam laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). Timnas Indonesia menang dengan skor akhir 3-0. ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/rwa.Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kanan) berselebrasi dengan rekannya Justin Hubner (kiri) usai mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam dalam laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). Timnas Indonesia menang dengan skor akhir 3-0. ANTARA FOTO/HO-PSSI/mrh/rwa.

Baca Juga: Witan Sulaeman Kena Omel Nathan Tjoe-A-On, Netizen Bingung: Pakai Bahasa Apa

Lantas apa saja 4 hal menarik yang tercipta tersebut? Ini ulasannya.

Akhiri Puasa Kemenangan Away 23 Tahun di Fase Grup Kualifikasi Piala Dunia

Timnas Indonesia meraih kemenangan tandang di markas Vietnam, sebuah pencapaian yang sudah lama tidak terjadi dalam sejarah Kualifikasi Piala Dunia.

Kemenangan terakhir tim Garuda dalam fase grup tandang terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2002, tepatnya pada 6 Mei 2001, saat mereka mengalahkan Maladewa 2-0

Gol-gol kemenangan dicetak oleh Kurniawan Dwi Yulianto (menit ke-10) dan Ismed Sofyan (menit ke-50').

Kemenangan Perdana di Markas Vietnam dalam 20 Tahun Terakhir

Timnas Indonesia telah lama tidak memenangkan pertandingan di markas Vietnam, terakhir kali terjadi 20 tahun yang lalu.

Pada 11 Desember 2004, dalam lanjutan fase grup Piala Tiger 2004 di Stadion My Dinh, Hanoi, Timnas Indonesia meraih kemenangan 3-0 atas Vietnam.

Saat itu, semua gol yang dicetak oleh skuad Peter Withe terjadi di babak pertama melalui Maully Lessy, Boaz Salossa, dan Ilham Jaya Kesuma.

Sebelum kemenangan ini, Timnas Indonesia telah mencatat empat kekalahan dan dua hasil imbang saat bertandang ke Vietnam.

Rekor Kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia

Kemenangan terbanyak Timnas Indonesia dalam sejarah Kualifikasi Piala Dunia adalah empat.

Pencapaian ini terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 1986 dan 2002.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 1986, Indonesia memuncaki Grup 3B Zona Asia Timur Babak Pertama dengan 4 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 1 kekalahan.

Mereka mengalahkan Thailand dua kali dengan skor 1-0, serta Bangladesh 2-0 dan India 2-1.

Namun, mereka kalah dari Bangladesh 1-2 dan imbang dengan India 1-1 dalam dua pertandingan terakhir grup.

Sementara itu, dalam Kualifikasi Piala Dunia 2002, Timnas Indonesia memenangkan empat pertandingan melawan Maladewa (5-0, 2-0) dan Kamboja (6-0, 2-0).

Meski demikian, mereka kalah dari China 1-5 dan 0-2, sehingga hanya mampu menjadi runner-up Grup 9 dan tidak lolos ke babak berikutnya.

Kutukan Philippe Troussier

Timnas Indonesia menjadi batu sandungan yang kerap menghadang Philippe Troussier, pelatih asal Prancis yang sudah lima kali berhadapan dengan tim ini.

Dalam lima pertemuan tersebut, Troussier selalu gagal meraih kemenangan, bahkan pernah dipecat setelah kekalahan dari Timnas Indonesia, seperti yang terjadi saat Qatar kalah dari tim ini pada Piala Asia 2004.

Hal itu kemudian terulang kembali di mana Philippe Troussier kembali dipecat setelah Vietnam dibantai 3-0 oleh timnas Indonesia.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #menarik #yang #tercipta #usai #timnas #indonesia #hancurkan #vietnam #dinh

KOMENTAR