Penjelasan Suporter soal Koreo Mirip Bendera Belanda di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam
Koreografi suporter Timnas Indonesia yang menampilkan gambar mirip bendera Belanda dalam laga kontra Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam WIB. [Suara.com/Arief Apriadi]
11:06
22 Maret 2024

Penjelasan Suporter soal Koreo Mirip Bendera Belanda di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Pertandingan antara Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia digegerkan dengan munculnya koreografi bercorak bendera Belanda di tribune penonton.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (21/3/2024) malam WIB itu, koreografi dengan corak warna merah, putih, dan biru itu muncul di sektor tribune utara.

Selain koreografi dengan corak warna tersebut, ada pula sebuah banner berwarna hitam yang membentang panjang sepanjang tribune utara. Terdapat tulisan “Berkibar Tinggi!” yang berada tepat di atas koreo tersebut.

Sebagai informasi, tribune utara SUGBK merupakan sektor yang ditempati oleh kelompok suporter fanatik Timnas Indonesia bernama La Grande Indonesia. Koreografi ini muncul ketika momen lagu Indonesia Raya dikumandangkan sebelum pertandingan.

Koreografi dari La Grande Indonesia ini mendapatkan perhatian khusus dari publik di media sosial. Ada banyak gambar yang menampilkan detik-detik koreografi itu muncul sebelum pertandingan digelar.

Tak sedikit netizen yang menduga bahwa koreografi tersebut merupakan mozaik bendera belanda. Sebab, dari segi warna, kombinasi antara merah, putih, dan biru merupakan corak bendera Negeri Kincir Angin.

Menurut Media Komunikasi La Grande Indonesia, Ilham Harahap, corak warna yang ditampilkan oleh suporter ini sebetulnya bukan bendera Belanda. Sebab, warna biru dihadirkan untuk memberikan nuansa langit.

“Kalau tema besarnya, bendera merah putih dianggap paling tinggi. Tadi sih juga banyak yang komentar, kayak bendera belanda. Tapi, namanya koreo, beda perspektif. Biru itu sih sebenarnya nuansa langit,” ujar Ilham Harahap.

Namun, sebetulnya jika dilihat dari corak koreografi yang disiapkan oleh La Grande Indonesia sebelum pertandingan, warna koreografi yang sudah didesain sejak awal memang tak hanya menampilkan tiga warna saja.

Selain warna merah-putih-biru, ada beberapa kertas yang berwarna hijau dan hitam yang disiapkan di tribune penonton. Namun, karena tingkat okupansi kursi, desainnya menjadi tak maksimal.

Koreografi yang dinilai bercorak bendera Belanda ini memang cukup sensitif belakangan ini. Pasalnya, saat ini Timnas Indonesia tengah diperkuat banyak pemain naturalisasi kelahiran Belanda.

Hal itulah yang membuat koreografi La Grande Indonesia pada pertandingan Timnas Indonesia melawan Vietnam ini langsung menggemparkan karena dianggap berhubungan dengan isu pemain naturalisasi.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #penjelasan #suporter #soal #koreo #mirip #bendera #belanda #laga #timnas #indonesia #vietnam

KOMENTAR