Main Reguler di Venezia, Bekal Penting Jay Idzes Tampil Bersama Timnas Indonesia
Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes saat ditemui ANTARA di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)
08:12
20 Maret 2024

Main Reguler di Venezia, Bekal Penting Jay Idzes Tampil Bersama Timnas Indonesia

Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes mengatakan penampilan regulernya di level klub di Serie B Italia bersama Venezia sangat membantu adaptasinya jelang debut bersama skuad Garuda.

Sejak kepindahannya ke klub kasta kedua Liga Italia itu pada Juli 2023 lalu setelah berkiprah di Belanda, Jay Idzes telah tampil 18 kali di semua kompetisi musim ini dengan torehan tujuh clean sheet dan total menit bermain 1,514 menit untuk mengantarkan klubnya bersaing di papan atas Serie B.

Bek sentral berusia 23 tahun itu sempat melewatkan 13 pertandingan Venezia musim ini karena menderita cedera oklusi vena retina pada rentang akhir Oktober tahun lalu sampai akhir Januari tahun ini.

Namun setelah pulih, Jay Idzes langsung kembali mendapatkan kepercayaan dari pelatih Paolo Vanoli di jantung pertahanan Venezia.

"Tentu saja itu membantu jelang tampil bersama Timnas Indonesia, karena Anda mendapatkan irama dan saya bermain setiap minggu 90 menit. Itu membantu tentu saja, menurut saya itu bagus," kata Idzes seperti dikutip Antara, Rabu (20/3/2024).

Bek bertinggi 1,9 meter itu juga sangat terbantu dengan pola permainan di Venezia yang memainkan formasi tiga bek sejajar, di mana formasi ini adalah formasi yang kerap diterapkan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

"Ya, Venezia dan Indonesia sama-sama bermain dengan skema tiga bek (tengah). Jadi, saya rasa itu cukup membantu karena saya tahu apa yang diinginkan pelatih dan sistem permainan seperti apa yang diinginkan. Jadi itu sangat membantu," katanya.

Lebih lanjut, Idzes sangat antusias dan tidak sabar menunggu debutnya yang sudah di depan mata ketika Timnas Indonesia berlaga melawan Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) esok pukul 20.30 WIB.

"Sangat bagus, saya tidak bisa menjelaskannya karena semuanya terjadi dengan sangat cepat," ucap Idzes.

"Kami telah berusaha melewati proses ini sejak lama tapi sekarang semua terasa begitu cepat hingga saya sudah bertemu rekan-rekan dan ikut latihan," kata bek kelahiran Mielo, Belanda 2 Juni 2000 itu.

"Saya berharap bisa bermain dan menjalani debut nanti, intinya saya sangat antusias," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #main #reguler #venezia #bekal #penting #idzes #tampil #bersama #timnas #indonesia

KOMENTAR