3 Fakta Menarik Skuad Timnas Indonesia Vs Vietnam, Mana Lebih Mentereng?
Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)
13:30
15 Maret 2024

3 Fakta Menarik Skuad Timnas Indonesia Vs Vietnam, Mana Lebih Mentereng?

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam dua laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akhir bulan ini.

Skuad Garuda akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 21 Maret 2024.

Lima hari berselang, giliran Timnas Indonesia menjadi tim tamu menghadapi Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain untuk persiapan jelang dua laga penting ini, termasuk 13 pemain yang berkarier di luar negeri atau abroad. Sementara Vietnam diketahui memanggil 33 pemain.

Berikut setidaknya 3 fakta jelang Timnas Indonesia menghadapi Vietnam

1. Timnas Indonesia Diperkuat 11 Pemain Keturunan/Naturalisasi

Thom Haye (kiri) dan Jay Idzes (kanan) saat berkunjung ke GBK (pssi.org)Thom Haye (kiri) dan Jay Idzes (kanan) saat berkunjung ke GBK (pssi.org)

Bek Vietnam, Do Duy Manh, mengkritik jumlah pemain yang dinaturalisasi dalam Timnas Indonesia, menyatakan lebih merasa akan menghadapi Timnas Belanda ketimbang Indonesia.

Ia merujuk kepada sebelas pemain keturunan yang berada di skuad Garuda saat ini seperti Elkan Baggott, Jay Idzes, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Jordi Amat, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Marc Klok, Thom Haye, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen.

2. Vietnam Cuma Diperkuat 1 Pemain Naturalisasi

Filip Nguyen (instagram.com/filipng1)Filip Nguyen (instagram.com/filipng1)

Vietnam hanya mengandalkan satu pemain naturalisasi dalam pertandingan melawan Timnas Indonesia. Pemain tersebut adalah Nguyen Filip, seorang kiper berusia 31 tahun yang lahir di Praha, Republik Ceko.

Meskipun demikian, keberadaannya memberikan keunggulan tambahan bagi tim, dengan tinggi mencapai 192 cm, yang membuatnya menjadi elemen penting dalam pertahanan Vietnam.

3. Nilai Pasar Timnas Indonesia Vs Vietnam

Skuat Timnas Indonesia (pssi.org)Skuat Timnas Indonesia (pssi.org)

Menurut data dari Transfermarkt, nilai total pasar Skuad Garuda mencapai Rp222 miliar, dengan Thom Haye menjadi pemain termahal sebesar Rp52,1 miliar.

Diikuti oleh Sandy Walsh dengan nilai pasar Rp26 miliar, Jay Idzes Rp15,6 miliar, Jordi Amat Rp13,9 miliar, dan Marc Klok Rp7,8 miliar.

Sementara itu, nilai total pasar skuad Vietnam, berdasarkan Transfermarkt, hanya mencapai Rp127 miliar.

Filip Nguyen menjadi pemain termahal dengan nilai pasar Rp10,4 miliar, diikuti oleh Hoang Duc Nguyen dengan Rp6,9 miliar.

Nguyen Quang Hai, mantan gelandang kasta kedua Liga Prancis, mengalami penurunan nilai pasar menjadi Rp5,2 miliar, sehingga menjadi pemain termahal keempat di Vietnam.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #fakta #menarik #skuad #timnas #indonesia #vietnam #mana #lebih #mentereng

KOMENTAR