Profil Akio Kogiku, Pelatih Justin Hubner di Cerezo Osaka yang Temukan Shinji Kagawa
Pelatih Cerezo Osaka, Akio Kogiku. (Dok. Cerezo Osaka)
15:12
13 Maret 2024

Profil Akio Kogiku, Pelatih Justin Hubner di Cerezo Osaka yang Temukan Shinji Kagawa

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner bakal diasuh oleh Akio Kogiku usai resmi dipinjamkan ke Cerezo Osaka, pelatih berusia 48 tahun penemu bakat alami Shinji Kagawa.

Cerezo Osaka akan menjadi tim yang dibela Justin Hubner hingga Desember 2024, selama itu pemain Timnas Indonesia ini akan diasuh Akio Kogiku.

Akio Kogiku bukan sosok sembarangan di kancah sepak bola Jepang, lewat tangan dinginnya lahir seorang Shinji Kagawa yang sempat bikin gempar dunia.

Menilik laman resmi Transfermarkt, Akio Kogiku sudah menukangi Cerezo Osaka sejak 2002 lalu tepatnya bersama tim U-18 klub berjuluk Cerezo ini.

Cerezo dalam bahasa Spanyol berarti bunga Sakura, yang merupakan ikon kota Osaka dan terwakilkan lewat lambang yang terdapat dalam jersey.

Kesetiaan Akio Kogiku seperti tak terbatas untuk Cerezo Osaka, sejak 1998 hingga kini menukangi tim senior tak pernah sekalipun pergi.

Ia mengemban dua tugas sebagai asisten pelatih sekaligus pemandu bakat, sebelum pada 2021 lalu ditunjuk sebagai pelatih kepala.

Tak hanya Shinji Kagawa, tangan dingin Akio Kogiku bahkan membuat Cerezo Osaka mendapat julukan La Masia-nya Asia dengan talenta berlimpah yang dilahirkan.

Adapula Takumi Minamino, eks pemain Liverpool yang saat ini merumput di Liga Prancis bersama AS Monaco juga merupakan jebolan Cerezo Osaka.

Semua tak lepas dari sosok Akio Kogiku sebagai pelatih yang sudah menangani semua tim lintas umur The Sakura hingga saat ini.

Meski kariernya sebagai pelatih di kasta teratas Liga Jepang baru seumur jagung, kurang lebih tiga tahun sudah ia jalani.

Di J-League musim ini, Akio masih membawa Cerezo Osaka tak terkalahkan hingga pekan ketiga kompetisi dengan raihan sekali menang dua imbang.

Raihan lima poin membawa Cerezo Osaka duduk di peringkat keenam klasemen sementara terpaut dua angka dari pimpinan klasemen, Sanfrencce.

Profil Singkat Akio Kogiku

Nama Lengkap: Akio Kogiku
Tanggal lahir / Umur: 7 Jul 1975 (48 Tahun)
Tempat kelahiran: Hyogo, Jepang
Kewarganegaraan: Jepang Jepang
Lisensi Kepelatihan : Lisensi Pro UEFA
Periode rataan sebagai pelatih : 2,55 Tahun
Formasi yang disukai : 4-4-2 double 6

Karier Kepelatihan

Cerezo U-18 - Pelatih Tim Junior (1998-2002)
Cerezo Osaka - Pemandu Bakat (2002-2005)
Cerezo Osaka - Asisten Pelatih (2005-2014)
Cerezo Osaka - Pemandu Bakat (2014)
Cerezo Osaka - Asisten Pelatih (2014-2015)
Cerezo Osaka - Pemandu Bakat (2015-2016)
Cerezo Osaka - Asisten Pelatih (2016-2021)
Cerezo Osaka - Pelatih Kepala (2021-2025).

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #akio #kogiku #pelatih #justin #hubner #cerezo #osaka #yang #temukan #shinji #kagawa

KOMENTAR