Waspada Justin Hubner! 4 Pemain Indonesia Gagal Bersinar di Liga Jepang
Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia di sebuah laga (pssi.org)
18:36
12 Maret 2024

Waspada Justin Hubner! 4 Pemain Indonesia Gagal Bersinar di Liga Jepang

Sebelum Justin Hubner sudah ada empat pemain Indonesia yang ternyata berkarier di Liga Jepang. Sayangnya, karier mereka tidak bisa bersinar.

Justin Hubner resmi bergabung ke Cerezo Osaka. Ia dipinjam dari Wolves selama satu musim penuh.

"Cerezo Osaka mengumumkan bahwa bek Justin Hubner akan bergabung dengan klub dalam satu musim peminjaman dari Wolverhampton Wanderers. Kontrak akan ditandatangani setelah urusan visa selesai," tulis pernyataan Cerezo Osaka dikutip dari laman resmi klub.

"Saya sangat senang bergabung dengan Cerezo Osaka. Saya tidak sabar untuk bertemu semua fan dan suporter untuk menunjukkan ke mereka bagaimana saya bermain. Mari buat musim ini hebat," tegas Justin Hubner.

Pindah ke Cereza Osaka, Justin Hubner wajib waspada. Hal ini merujuk ke pemain Indonesia yang punya catatan buruk ketika direkrut tim Jepang.

Ricky Yacobi

Pertama ada Ricky Yacobi yang direkrut oleh klub Jepang Matsushita Eletric FC yang kini dikenal Gamba Osaka. Ia didatangkan usai tampil apik bersama Arseto Solo.

Akan tetapi, karier Ricky Yacobi di Negeri Sakura tidak bisa gemilang seperti kala bermain di Indonesia. ia lebih banyak berkutat dengan cedera.

Bahkan pemain Indonesia pertama yang bermain di Jepang ini hanya mencatatkan enam pertandingan dengan koleksi satu gol.

Irfan Bachdim

Nama Irfan Bachdim juga pernah bermain di Jepang. Ia membela dua klub, yakni Ventforet Kofu dan Hokkaido Consadole Sapporo.

Sayangnya kariernya juga gagal mentereng. Sebab, ia hanya tampil dua kali ketika berseragam Ventforet Kofu.

Kariernya sejatinya membaik ketika di Hokkaido Consadole Sapporo karena tampil 10 kali. Sayangnya, ia akhirnya memilih pulang ke Indonesia gabung Bali United.

Stefano Lilipaly

Pemain yang kini gacor di Borneo FC, Stefano Lilipaly juga pernah berkarier di Jepang. Ia berseragam untuk Hokkaido Consadole Sapporo.

Lilipaly sendiri tidak mendapatkan banyak kesempatan. Tercatat ia hanya bermain dua kali dan akhirnya memutuskan kembali ke Telstar.

Pratama Arhan

Terakhir ada Pratama Arhan yang bermain di Tokyo Verdy. Direkrut dari PSIS Semarang, ia diyakini punya potensi bersinar.

Meski begitu, bak lagu lama terulang kembali karena Tokyo Verdy hanya memainkan Arhan dalam empat laga selama dua musim.

Pada akhirnya pemain asal Blora ini cabut. Kini suami Azizah Salsha gabung ke klub Korea Selatan, Suwon FC.

Editor: Arif Budi

Tag:  #waspada #justin #hubner #pemain #indonesia #gagal #bersinar #liga #jepang

KOMENTAR