Faktor Fajar/Rian Tumbang di Malaysia Open 2024: Buru-buru dan Kurang Kontrol
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat bertanding pada babak 16 besar Malaysia Open 2024 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (11/1/2024). Fajar/Rian terkini kalah di perempat final dari Liang Wei Keng/Wang Chang (China). (Dok. PBSI)
19:34
12 Januari 2024

Faktor Fajar/Rian Tumbang di Malaysia Open 2024: Buru-buru dan Kurang Kontrol

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengungkapkan faktor kekalahan di perempat final Malaysia Open 2024. 

Fajar/Rian kalah 21-16, 17-21, 18-21 dari Liang Wei Keng/Wang Chang (China) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/1/2024).

Berstatus juara bertahan Malaysia Open, Fajar/Rian bermain apik selama gim pertama. Mereka juga mengontrol pertandingan hingga interval gim kedua. 

Namun, setelah itu Fajar/Rian terlalu bernafsu ingin cepat mendapatkan poin sehingga menjadi bumerang. 

"Pada gim pertama kami bisa menguasai pertandingan. Lawan banyak melakukan kesalahan terutama Liang beberapa kali pukulannya keluar," kata Fajar via keterangan PBSI. 

"Kami masih menguasai pertandingan sampai interval gim kedua, tapi setelah itu kami terlalu buru-buru ingin mendapat poin yang malah jadi merugikan. Kami kurang kontrol," ucapnya. 

"Pada gim ketiga, mereka mendapat second win-nya dan kembali percaya diri sehingga bermain lebih in dan kami tidak bisa keluar dari tekanan," ungkap Fajar. 

Fajar tidak puas dengan hasil di Malaysia Open 2024. Ia sadar harus bisa kontrol diri saat bermain agar tetap konsisten. 

"Menurut saya saat pertemuan di semifinal World Tour Finals (2023) sama hari ini tidak berbeda," ucapnya. 

"Kami kurang puas dengan hasilnya dan sisi luar permainan. Kami harus bisa lebih mengontrol emosi agar performa tetap stabil," imbuh Fajar.

Sementara itu, Rian meminta maaf kepada para pendukung yang hadir di Axiata Arena karena gagal melaju ke semifinal. 

"Terima kasih atas dukungan seluruh fans termasuk yang mendukung kami di Axiata Arena hari ini," ucap Rian. 

"Mohon maaf kami belum bisa maju ke semifinal. Dukung terus kami dan tim Indonesia di turnamen-turnamen selanjutnya," kata dia. 

Fajar/Rian selanjutnya dijadwalkan bertanding di India Open yang akan berlangsung pekan depan pada 16-21 Januari 2024.

Berdasarkan hasil undian, Fajar/Rian akan melawan Man Wei Chong/Kai Wun Tee (Malaysia) pada babak pertama India Open 2024. 

Editor: Farahdilla Puspa

Tag:  #faktor #fajarrian #tumbang #malaysia #open #2024 #buru #buru #kurang #kontrol

KOMENTAR