Sudah Direstui DPR, Tiga Pemain Keturunan Ini Tetap Absen Lawan Vietnam?
Gelandang SC Heerenveen, Thom Haye (paling kanan) merayakan gol timnya ke gawang Ajax pada laga lanjutan Eredivisie 2023/2024, Minggu (11/2/2024) malam WIB. [doc. Heerenveen]
13:12
6 Maret 2024

Sudah Direstui DPR, Tiga Pemain Keturunan Ini Tetap Absen Lawan Vietnam?

Kabar gembira datang untuk Timnas Indonesia setelah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, telah menyetujui naturalisasi tiga pemain keturunan.

Tiga pemain keturunan yang proses naturalisasinya disetujui oleh DPR RI yakni Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes.

Proses naturalisasi ketiga pemain berpaspor Belanda tersebut telah disetujui dalam sidang paripurna DPR RI yang dilaksanakan pada Selasa (5/3) kemarin.

Dalam sidang paripurna tersebut, Wakil Ketua DPR RI yakni Sufmi Dasco Ahmad membacakan surat permohonan naturalisasi tersebut.

Sufmi Dasco Ahmad juga meminta sidang paripurna untuk menugaskan Komisi III dan Komisi X DPR RI untuk membahas proses naturalisasi ketiga pemain itu dalam rapat.

Dengan adanya persetujuan dari DPR RI ini, banyak pecinta sepak bola Tanah Air yang berharap agar proses naturalisasi ketiganya bisa berlangsung cepat.

Tujuannya tak lain adalah agar Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes bisa diturunkan saat Indonesia menghadapi Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Adapun duel Timnas Indonesia kontra Vietnam akan digelar pada akhir Maret 2023 ini, yakni pada tanggal 21 dan 26 Maret 2024.

Dengan waktu dua pekan yang tersisa jelang pertandingan itu, apakah ketiga pemain keturunan ini bisa diturunkan saat menghadapi Vietnam?

Jalani Proses Panjang

Meski sudah disetujui DPR RI, naturalisasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes tetap harus melewati proses panjang.

Usai disetujui, pertama-tama naturalisasi ketiganya akan dibahas terlebih dahulu dalam rapat yang diikuti Komisi III dan Komisi X DPR RI.

Jika rapat tersebut tuntas digelar dalam waktu dekat, maka proses naturalisasi ketiganya tinggal menunggu Surat Keputusan Presiden, sebelum diambil sumpah menjadi WNI di Kemenkumham.

Setelah diambil sumpah menjadi WNI, ketiganya pun harus menjalani proses perpindahan federasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI).

Proses perpindahan federasi ini pun kurang lebih memakan waktu hingga satu pekan atau satu minggu. Tak ayal, kemungkinan ketiganya tampil di laga kontra Vietnam tertutup rapat.

Apalagi jika mengingat batas akhir pendaftaran pemain untuk melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sendiri pada 13 Maret 2024.

Dengan kata lain, melihat proses panjang yang harus dijalani ketiganya, bisa dipastikan Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes tetap absen di laga kontra Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2023.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #sudah #direstui #tiga #pemain #keturunan #tetap #absen #lawan #vietnam

KOMENTAR