Banding Sanksi Komdis PSSI, Persib Takut Jamu Persija Tanpa Penonton?
Energi Bobotoh di Stadion GBLA Saat Persib Ditahan Imbang Arema Bikin Bojan Hodak Terkesima (Suara.com/Rahman)
14:36
5 Maret 2024

Banding Sanksi Komdis PSSI, Persib Takut Jamu Persija Tanpa Penonton?

Komite Disiplin (Komdis) PSSI dilaporkan sudah menjatuhi Persib Bandung sanksi larangan tampil di kandang tanpa dukungan penonton. Apesnya, laga terdekat Maung Bandung adalah menghadapi rival mereka Persija Jakarta.

Persib dijadwalkan melawan Persija dalam laga pekan ke-28 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (9/3/2024). Tentu sangat merugikan bagi tim besutan Bojan Hodak melawan Macan Kemayoran tanpa adanya Bobotoh.

Seperti diketahui Komdis PSSI menjatuhkan sanksi larangan menyelenggarakan satu pertandingan kandang dengan penonton atas terjadinya kerusuhan dan penganiayaan di luar perimeter stadion.

Aksi kekerasan itu dilakukan suporter pasca pertandingan melawan PSIS Semarang di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Selasa, 27 Februari 2024 lalu.

Suasana laga BRI Liga 1 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (1/3/2022) malam. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]Suasana laga BRI Liga 1 antara Persija Jakarta vs Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (1/3/2022) malam. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Baca juga: Arsenal Lagi Hot Cetak 31 Gol dari 7 Pertandingan, Mikel Arteta Tetap Kalem soal Persaingan Juara Liga Inggris

Sanksi larangan satu pertandingan kandang dengan penonton itu ditetapkan melalui Keputusan Komite Disiplin PSSI No. 191/L1/SK/KD-PSSl/III/2024 terkait Tanggung Jawab Terhadap Tingkah Laku Buruk Penonton tertanggal 1 Maret 2024.

Dalam salinan putusannya, Komdis PSSI yang merujuk Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Kode Disiplin PSSI Tahun 2023, menyebutkan, sanksi untuk Persib berlaku pada pertandingan terdekat yaitu melawan Persija.

Baca juga: PSSI Hapus Aturan U-23 di BRI Liga 1, Borneo FC Tetap Ogah Lepas Pemain ke Timnas Indonesia U-23

Oleh sebab itu, Persib mengupayakan adanya banding. Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat, Andang Ruhiat berharap PSSI mau mencabut sanksi buat timnya itu.

"Hari ini (kemarin) Persib telah mengirimkan surat pengajuan ke Komite Banding PSSI. Kita berharap, Komite Banding bisa mengabulkan permohonan Persib untuk membatalkan sanksi Komite Disiplin PSSI," kata Andang dilansir dari laman resmi klub, Selasa (5/3/2024).

Andang menjelaskan, sambil menunggu proses dan keputusan dari Komite Banding tersebut, Persib terus melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak, terutama yang terkait persiapan pertandingan kandang melawan Persija agar berjalan aman, nyaman dan lancar.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #banding #sanksi #komdis #pssi #persib #takut #jamu #persija #tanpa #penonton

KOMENTAR