Piala AFF Ganti Nama Jadi ASEAN Cup, Simak 2 Fakta Menariknya
Logo baru Piala AFF yang kini berganti nama menjadi ASEAN Cup. [Dok. AFF]
15:18
29 Februari 2024

Piala AFF Ganti Nama Jadi ASEAN Cup, Simak 2 Fakta Menariknya

Mulai edisi 2024, turnamen antarnegara ASEAN yang sebelumnya dikenal sebagai Piala AFF resmi mengalami perubahan nama menjadi ASEAN Cup.

Keputusan ini diumumkan oleh pihak AFF pada Kamis (29/2/2024) pagi WIB. Selain pergantian nama, AFF juga merilis logo baru untuk ASEAN Cup.

Dalam konteks perubahan ini, terdapat dua fakta menarik yang patut diketahui. Berikut ulasannya.

1. Filosofi Perubahan Nama

Presiden AFF Mayjen Khiev Sameth, mengungkapkan harapannya yang besar terkait dengan perubahan yang terjadi dalam ASEAN Cup.

Baginya, lebih dari sekadar perubahan nama dan logo, dia berharap agar tercipta semangat baru yang diusung oleh para peserta.

"Logo baru ini tidak hanya mencerminkan perubahan identitas, tetapi juga terus mewujudkan solidaritas yang tak terpatahkan, semangat pantang menyerah, keberagaman budaya, dan semangat bersama terhadap sepak bola di wilayah kita," katanya.

2. Bukan Kali Pertama

Turnamen sepak bola antarnegara ASEAN, yang awalnya dikenal sebagai Tiger Cup atau Piala Tiger sejak 1996, mengalami beberapa perubahan nama seiring waktu.

Setelah menggunakan nama AFF Championship atau Piala AFF hingga 2004, turnamen berganti nama menjadi AFF Suzuki Cup dari 2008 hingga 2020.

Pada 2022, turnamen kembali mengalami perubahan nama menjadi AFF Mitsubishi Electric Cup, dan mulai 2024 akan menjadi ASEAN Mitsubishi Electric Cup.

Meski telah berlangsung sejak 1996, Timnas Indonesia belum pernah meraih gelar juara dalam ajang ini.

Prestasi terbaik mereka adalah menjadi runner-up, dengan enam kali mencapai final namun selalu harus puas dengan posisi kedua.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #piala #ganti #nama #jadi #asean #simak #fakta #menariknya

KOMENTAR