Profil Jepang di Piala Asia 2023: Daftar Lengkap Pemain, Nama Pelatih, dan Prestasi
Para pemain Timnas Jepang. [NORBERT SCHMIDT / AFP]
12:18
6 Januari 2024

Profil Jepang di Piala Asia 2023: Daftar Lengkap Pemain, Nama Pelatih, dan Prestasi

Jepang menjadi salah satu tim yang difavoritkan untuk menjuarai Piala Asia 2023 demi mengembalikan reputasi mereka sebagai raksasa di Benua Kuning.

Jepang tidak pernah absen dari Piala Asia sejak edisi 1988 di Qatar. Meski tidak menjadi peserta sejak edisi pertama, Jepang kini menjadi tim tersukses di Piala Asia.

Tim berjuluk Samurai Biru tersebut mengoleksi empat gelar juara Piala Asia, masing-masing di edisi 1992, 2000, 2004, dan terakhir 2011.

Namun setelah meraih titel keempat pada 2011, pamor Jepang di Piala Asia sempat meredup. Pencapaian terbaik mereka adalah menjadi runner-up Piala Asia 2019 usai dikalahkan Qatar.

Oleh karena itu, Piala Asia 2023 menjadi ajang pembuktian buat Jepang untuk mengembalikan pamor mereka sebagai penguasa Asia.

Adapun, Jepang berada di Grup D bersama Timnas Indonesia, Vietnam, dan Irak.

Pelatih

Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]

Untuk Piala Asia 2023 di Qatar yang berlangsung pada 12 Januari - 10 Februari 2024 mendatang, Jepang masih akan dilatih oleh Hajime Moriyasu.

Ia masih dipercaya oleh JFA untuk menukangi Timnas Jepang. Terlebih, Moriyasu punya kenangan manis di Qatar tepatnya saat Piala Dunia 2022.

Jepang yang berada di Grup E bersama Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika, berhasil menjadi juara grup dengan koleksi enam poin.

Prestasi

Para pemain Timnas Jepang. [PAUL MILLER / AFP]Para pemain Timnas Jepang. [PAUL MILLER / AFP]

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Jepang menjadi tim tersukses di Piala Asia dengan torehan empat gelar juara.

Kali terakhir mereka juara pada 2011 saat mengalahkan Australia lewat babak extra time dengan skor tipis 1-0. Pahlawan kemenangan Jepang berkat tendangan first time dari Tadanari Lee.

Daftar Pemain

Starting line-up timnas Jepang saat melawan Suriah pada 21 November 2023 lalu. Artikel ini sajikan Profil Tim Piala Asia 2023: Jepang, Misi Samurai Biru Mengembalikan Reputasi (X atau Twitter/@jfa_samuraiblue)Starting line-up timnas Jepang saat melawan Suriah pada 21 November 2023 lalu. Artikel ini sajikan Profil Tim Piala Asia 2023: Jepang, Misi Samurai Biru Mengembalikan Reputasi (X atau Twitter/@jfa_samuraiblue)

Timnas Jepang juga tidak main-main untuk mengarungi Piala Asia 2023 nanti. Dari 26 pemain yang dipanggil, hanya lima pemain yang berasal dari Liga Jepang.

Mereka adalah Daiya Maekawa (Vissel Kobe), Taishi Brandon Nozawa (FC Tokyo), Seiya Maikuma (Cerezo Osaka), Kaishu Sano (Kashima Antlers), dan Mao Hosoya (Kashiwa Reysol).

Sementara 21 pemain lainnya tercatat berkarier di luar negeri, khususnya Eropa. Ini menunjukkan kualitas pemain Jepang yang berada jauh di atas negara Asia lain.

Nama Kaoru Mitoma bahkan tetap didaftarkan kendati sempat dikabarkan mengalami cedera dan dibutuhkan Brighton & Hove Albion.

Nama-nama beken lain yang cukup familiar berkarier di Eropa juga masih jadi andalan seperti Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Wataru Endo (Liverpool), Takefusa Kubo (Real Sociedad), hingga Takumi Minamino (AS Monaco).

Daftar pemain Jepang untuk Piala Asia 2023:

Kiper:

Daiya Maekawa (Vissel Kobe) / 1

TaishiBrandonNozawa (FC Tokyo) / 12

Zion Suzuki (Sint-Truiden) / 23

Belakang:

Yukinari Sugawara (AZ Alkmaar) / 2

Shogo Taniguchi (Al-Rayyan) / 3

Ko Itakura (Borussia Monchengladbach) / 4

Koki Machida (Union SG) / 15

SeiyaMaikuma (Cerezo Osaka) / 16

Yuta Nakayama (Huddersfield Town) / 19

Hiroki Ito (VfB Stuttgart) / 21

Takehiro Tomiyasu (Arsenal) /22

TsuyoshiWatanabe (Gent) / 24

Tengah:

Hidemasa Morita (Sporting CP) / 5

Wataru Endo (Liverpool) / 6

KaoruMitoma (Brighton & Hove Albion) / 7

Takumi Minamino (AS Monaco) / 8

Keito Nakamura (Reims) /13

JunyaIto (Reims) / 14

Real estate (Celtic) / 17

Takefusa Kubo (Real Sociedad) / 20

Kaishu Sano (Kashima Antlers) / 26

Depan:

Aya Ueda (Feyenoord) / 9

Mao Hosoya (Kashiwa Reysol) / 11

Takuma Asano (Vfl Bochum) / 18

Daizen Maeda (Celtic) /25.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #jepang #piala #asia #2023 #daftar #lengkap #pemain #nama #pelatih #prestasi

KOMENTAR