Stefano Lilipaly Beri Tekanan Hebat ke Shin Tae-yong Jelang Hadapi Vietnam pada Maret
Stefano lilipaly merayakan gol bersama pemain Borneo, pada lanjutan kompetisi Liga 1 2023 di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur. ANTARA/HO-Media Officer Borneo FC/am.
14:18
28 Februari 2024

Stefano Lilipaly Beri Tekanan Hebat ke Shin Tae-yong Jelang Hadapi Vietnam pada Maret

Gelandang Borneo FC, Stefano Lilipaly memberi tekanan hebat kepada Shin Tae-yong dalam konteks pemilihan pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret.

Lilipaly, yang diketahui bukan gelandang favorit Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, menunjukkan performa impresif di Liga 1 2023-2024.

Pemain berdarah Indonesia-Belanda itu bahkan tercatat sebagai pesepak bola dengan kontribusi gol terbanyak hingga pekan ke-26 Liga 1 musim ini.

Eks pemain Bali United itu untuk sementara telah mengemas 11 gol dan 16 assist hanya dalam 26 pertandingan.

Bahkan dalam tiga laga terakhirnya, Stefano Lilipaly tampil begitu gemilang. Sang gelandang serang sukses mencatatkan dua gol dan lima assist.

Lilipaly bikin dua assist saat Borneo FC mengalahkan Persija Jakarta, sebelum mencatatkan satu gol dan satu assist ketika timnya menekuk Persikabo 1973 dengan skor 3-2.

Stefano Lilipaly saat membela Timnas Indonesia (dok. pssi.org)Stefano Lilipaly saat membela Timnas Indonesia (dok. pssi.org)

Sedangkan dalam laga terakhirnya, Lilipaly kian menggila. Gelandang 34 tahun itu mencatatkan satu gol dan dua assist ketika Borneo FC mengalahkan Bhayangkara FC 4-0.

Kegemilangan Lilipaly musim ini jelas akan menjadi tekanan untuk Shin Tae-yong. Andai gelandang terbaik Liga 1 saat ini itu tak dipanggil, publik diperkirakan akan kembali menyoroti keputusan sang pelatih.

Meski demikian, merujuk pernyataan terakhir Shin Tae-yong terkait Lilipaly, sang juru taktik kemungkinan tidak akan segan untuk tetap tak melibatkan sang gelandang di skuad Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong pernah mengatakan bahwa Lilipaly adalah gelandang yang bagus, tetapi dianggap tidak cocok dengan gaya permainan Timnas Indonesia saat ini yang mengandalkan fisik.

“Lilipaly adalah pemain yang sangat baik di liga. Saya telah melihat langsung dan pasti perform sangat baik di liga. Tetapi kalau kita melawan tim di atas kita, secara fisik pasti akan sangat lelah,” kata Shin Tae-yong dikutip dari antaranews beberapa waktu lalu.

"Memang saya beberapa tahun ini saya melihat Lilipaly secara langsung, tetapi untuk di Piala Asia [2023] kelihatannya sangat susah untuk secara fisik," tambahnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dalam dua laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga akan berlangsung pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #stefano #lilipaly #beri #tekanan #hebat #shin #yong #jelang #hadapi #vietnam #pada #maret

KOMENTAR