3 Pelatih Gaek Jerman yang Bisa Jadi Dirtek PSSI, Ada Jebolan Juara Piala Dunia
Pelatih kepala Timnas Jerman, Joachim Low. [FABRICE COFFRINI / AFP]
14:00
27 Februari 2024

3 Pelatih Gaek Jerman yang Bisa Jadi Dirtek PSSI, Ada Jebolan Juara Piala Dunia

Berikut deretan pelatih gaek asal Jerman yang bisa ditunjuk PSSI untuk menjadi Direktur Teknik (dirtek) Timnas Indonesia.

Saat ini, PSSI selaku induk sepak bola Indonesia tengah gencar mencari sosok yang tepat untuk mengisi kursi dirtek yang kini ditempati oleh Indra Sjafri.

Hanya saja, Indra Sjafri saat ini juga berperan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-20. Sehingga, PSSI ingin mencari dirtek baru agar Indra Sjafri fokus dengan Timnas U-20.

Semula, PSSI sempat memiliki dirtek asing pada diri Frank Wormuth. Akan tetapi, pria asal Jerman itu hanya dikontrak selama empat bulan.

Dalam pencarian dirtek baru, PSSI melalui Ketua Umum-nya, Erick Thohir, mengaku tengah mencari dirtek baru untuk membantu Shin Tae-yong, Indra Sjafri, dan Satoru Mochizuki.

Pria yang juga Menteri BUMN itu mengaku bahwa dirinya ingin menggaet dirtek yang berasal dari Jerman, seiring adanya kerjasama dengan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Karenanya, ada deretan pelatih gaek Jerman yang bisa didekati oleh PSSI untuk menjadi dirtek baru Timnas Indonesia. Siapa saja para pelatih gaek itu?

1. Felix Magath

Nama Felix Magath bisa dipertimbangkan oleh Erick Thohir untuk mengisi kursi dirtek di PSSI, mengingat pengalamannya yang segudang di kancah sepak bola.

Pria yang kini berusia 70 tahun itu merupakan mantan pelatih tim-tim Bundesliga, dan juga pernah mengisi jabatan strategis seperti Direktur Olahraga di berbagai klub.

Sebagai pelatih, Felix Magath dikenal punya ciri khas permainan yang unik dan bisa membantu Timnas Indonesia. Terlebih dengan kiprahnya yang sanggup meraih titel bergengsi dalam kariernya.

2. Joachim Low

Tak ada yang meragukan kapasitas Joachim Low sebagai pelatih, mengingat kiprahnya yang pernah membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia.

Saat ini, Joachim Low tengah menganggur pasca mundur dari kursi kepelatihan Jerman per 2021 lalu. Sehingga, namanya bisa dipertimbangkan oleh Erick Thohir untuk mengisi kursi dirtek.

Dengan pengalaman melatihnya, pria yang kini berusia 64 tahun itu pun bisa membantu tim kepelatihan Timnas Indonesia dari hal taktik hingga memberikan pelatihan ke para pelatih di daerah.

3. Lothar Matthaus

Nama terakhir yang juga bisa dipertimbangkan oleh Erick Thohir adalah Lothar Matthaus. Saat ini, ia hanya berstatus sebagai Club Representative di Bayern Munich.

Eks penggawa Inter Milan itu punya pengalaman melatih di berbagai klub di Eropa dan Brasil. Bahkan, ia juga pernah menjadi pelatih tim nasional Bulgaria.

Dengan pengalamannya tersebut, Lothar Matthaus bisa saja menjadi dirtek baru PSSI. Kemungkinan dirinya menjadi dirtek PSSI pun cukup terbuka karena saat ini dirinya tak terikat kontrak dan tugas resmi.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pelatih #gaek #jerman #yang #bisa #jadi #dirtek #pssi #jebolan #juara #piala #dunia

KOMENTAR