'Preman' Vietnam Jadi Pesakitan Sejak Digertak Sandy Walsh, Terancam Absen Lawan Timnas Indonesia
Doan Van Hau (instagram @doanvanhau_1904)
10:12
27 Pebruari 2024

'Preman' Vietnam Jadi Pesakitan Sejak Digertak Sandy Walsh, Terancam Absen Lawan Timnas Indonesia

Bek sayap kiri andalan Timnas Vietnam, Doan Van Hau jadi pesakitan sejak mendapat gertakan dari Sandy Walsh jelang Piala Asia 2023 lalu.

Sandy sempat berkelakar bahwa dirinya akan mengasari Doan Van Hau sebagai bentuk selebrasi andai dia mencetak gol ke gawang Vietnam.

Hal itu disampaikan Sandy Walsh ketika menjadi bintang tamu dalam podcast Sport77 yang tayang di kanal YouTube mereka pada Oktober tahun lalu.

"Jika saya mencetak gol, saya akan mencarinya (Doan Van Hau) dan menyikutnya sebagai bentuk selebrasi," kata Sandy Walsh saat itu.

Setelah mendapat gertakan bek KV Mechelen itu, Doan Van Hau secara kebetulan jadi pesakitan. Dia mengalami cedera dan tak kunjung sembuh hingga saat ini.

Situasi itu membuat Doan Van Hau juga absen ketika Vietnam tampil di Piala Asia 2023. Dia hanya bisa melihat dari layar kaca ketika negaranya kalah 0-1 dari Timnas Indonesia di Grup D.

Pemain Vietnam Doan Van Hau (kiri) dan pemain Thailand Ekanit Panya (tengah) bola pada leg kedua pertandingan sepak bola final Piala AFF antara Vietnam dan Thailand di Stadion Thammasat di Bangkok pada 16 Januari 2023.Lillian SUWANRUMPHA/AFPPemain Vietnam Doan Van Hau (kiri) dan pemain Thailand Ekanit Panya (tengah) bola pada leg kedua pertandingan sepak bola final Piala AFF antara Vietnam dan Thailand di Stadion Thammasat di Bangkok pada 16 Januari 2023.Lillian SUWANRUMPHA/AFP

Terkini, pemain yang terkenal dengan permainan kasar dan brutalnya itu kembali terancam tak bisa tampil saat Vietnam dan Indonesia bentrok pada Maret mendatang.

Timnas Indonesia dan Vietnam akan bermain dua kali dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Dilansir dari VTC News, Van Hau disebut masih butuh istirahat tiga sampai enam bulan sejak menjalani tindakan medis di Singapura pada November 2023 karena cedera tendon achilles.

Andai belum pulih dalam waktu dekat, pemain 24 tahun itu diperkirakan tidak akan dibawa pelatih Philippe Troussier saat Vietnam menghadapi Timnas Indonesia pada Maret mendatang.

Van Hau merupakan sosok andalan di barisan pertahanan Vietnam terutama saat tim tersebut masih ditukangi pelatih Park Hang-seo.

Dia tercatat sudah mengemas 37 caps bersama Timnas Vietnam dengan torehan satu gol.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #preman #vietnam #jadi #pesakitan #sejak #digertak #sandy #walsh #terancam #absen #lawan #timnas #indonesia

KOMENTAR