Update Ranking FIFA Timnas Indonesia setelah Dua Kali Kalah dari Libya
Skuat Timnas Indonesia di laga uji coba melawan Libya, 2 Januari 2024 (pssi.org)
10:54
6 Januari 2024

Update Ranking FIFA Timnas Indonesia setelah Dua Kali Kalah dari Libya

Perolehan poin serta ranking FIFA Timnas Indonesia bakal terdampak setelah mengalami kekalahan dari Timnas Libya pada pertandingan uji coba internasional menjelang kejuaraan Piala Asia 2023.

Yang terbaru, Timnas Indonesia baru saja mengalami kekalahan kedua melawan Libya. Dalam laga yang digelar di di Titanic Mardan Stadium, Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam hari WIB, skuad Garuda kalah 1-2.

Padahal, sebetulnya anak asuh Shin Tae-yong mampu unggul terlebih dahulu pada pertandingan ini melalui gol Yakob Sayuri (6’). Namun, Libya bisa membalas dua gol lewat Osama Mukhtar (10’) dan Ahmed Ekrawa (20’).

Ini menjadi kekalahan kedua yang dialami Timnas Indonesia saat menjajal kekuatan Libya. Sebelumnya, pada pertandingan uji coba pertama, skuad Merah Putih sempat digilas empat gol tanpa balas.

Karena berlangsung di luar kalender FIFA, laga uji coba antara Indonesia melawan Libya pada leg kedua ini termasuk dalam kategori tier 1. Artinya, poin hasil uji coba akan tetap dihitung meski nilai yang diperoleh tipis.

"Berhubung laga ini masuk kategori tier 1 atau digelar di luar kalender FIFA, poin yang didapat termasuk kecil,” bunyi pernyataan PSSI.

“Jika menang atas Libya, Indonesia bakal mendapatkan tambahan 2,93 poin. Sementara itu, jika imbang, Indonesia meraup 0,43 poin dan jika kalah kehilangan 2,07 poin," tambahnya.

Dengan demikian, Timnas Indonesia yang mengalami kekalahan harus kehilangan 2,07 poin. Artinya, jumlah poin Indonesia yang awalnya 1064,01, berkurang menjadi 1061,94 di ranking FIFA.

Meskipun mengalami penurunan jumlah poin, peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA tetap tak berubah di posisi ke-146. Jumlah ini hanya terpaut sedikit dari Botswana yang berada di atasnya dengan koleksi 1064,5.

Skuad Merah Putih sebetulnya masih berpeluang untuk menambah pundi-pundi poinnya menjelang Piala Asia 2023. Sebab, masih ada satu laga uji coba melawan Iran yang akan berlangsung Selasa (9/1/2024).

Ini menjadi laga latih tanding terakhir bagi skuad asuhan Shin Tae-tong sebelum memulai perjalanan terjalnya di Piala Asia 2023 yang akan bergulir di Qatar.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #update #ranking #fifa #timnas #indonesia #setelah #kali #kalah #dari #libya

KOMENTAR