3 Kelebihan Shin Tae-yong yang Masuk Kandidat Pelatih Korea Selatan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memimpin tim di Piala Asia 2023 Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]
18:48
22 Februari 2024

3 Kelebihan Shin Tae-yong yang Masuk Kandidat Pelatih Korea Selatan

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong masuk kandidat pengganti Jurgen Klinsmann sebagai juru taktik Korea Selatan.

Sebagaimana diketahui, Jurgen Klinsmann dipecat Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) usai gagal di Piala Asia 2023. Kini mereka mencari suksesor pelatih asal Jerman ini.

Ada empat nama yang dikabarkan masuk dalam bursa calon pelatih Taeguk Warriors. Mereka adalah Shin Tae-yong, Hong Myung-bo, Hwang Seon-hong, dan Choi Yong-soo.

KFA menegaskan ingin langsung menunjuk pelatih baru. Mereka ogah untuk mengambil juru taktik interim.

"KFA menyatakan mereka akan mengontrak pelatih baru untuk jangka panjang, ketimbang pelatih interim untuk memimpin 2 pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026," tulis laporan News1.

Shin Tae-yong yang masuk sebagai kandidat lalu disebutkan hal positifnya. Media Korea Selatan itu menyebut juru latih timnas Indonesia ini punya tiga kelebihan.

Pertama adalah memiliki taktik yang fleksibel. Kemudian ia memiliki manajemen tim yang bagus dan pernah melatih Taeguk Warriors di Piala Dunia 2018.

"Dia (Shin Tae-yong) punya taktik yang fleksibel dan skil manajemen tim. Dia juga punya kepemimpinan yang tinggi," laporan News1.

"Dia juga berpengalaman memimpin tim senior piala Dunia 2018," sambung laporan tersebut.

Maka dari itu, Shin Tae-yong masuk sebagai kandidat pelatih Korea Selatan. Namun, hal itu tidak mudah karena pelatih berusia 53 tahun ini masih terikat kontrak dengan timnas Indonesia.

Diketahui kontrak Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia masih tersisa sampai Juni 2024 mendatang. Kontraknya bakal diperpanjang andai memenuhi target yang diberikan PSSI.

Editor: Arif Budi

Tag:  #kelebihan #shin #yong #yang #masuk #kandidat #pelatih #korea #selatan

KOMENTAR