Nova Arianto Buka Pintu, Inilah 3 Pemain Diaspora yang Bisa Dipanggil ke Timnas Indonesia U-16
Kiper keturunan Indonesia, Ferran Alinegara. (Instagram/@ferranalinegara)
14:12
21 Pebruari 2024

Nova Arianto Buka Pintu, Inilah 3 Pemain Diaspora yang Bisa Dipanggil ke Timnas Indonesia U-16

Berikut deretan pemain diaspora yang bisa dipanggil ke Timnas Indonesia U-16 seiring pernyataan Nova Arianto yang akan membuka pintu untuk pemain keturunan berseragam Merah Putih.

Sebagaimana diketahui, saat ini Timnas Indonesia U-16 tengah menjalani pemusatan latihan di bawah asuhan pelatih barunya, Nova Arianto.

Pemusatan latihan ini terbagi dalam tiga tahap, di mana para pemain akan menjalani tiga gelombang latihan yang sudah dimulai sejak 19 Februari 2024 kemarin.

Adapun pemusatan latihan ini dilakukan guna persiapan Timnas Indonesia U-16 bertarung di dua ajang, yakni Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Dalam pemusatan latihan ini, Nova Arianto selaku pelatih pun tengah berupaya menyusun skuad terbaiknya. Ia pun mengaku kemungkinan memanggil pemain keturunan untuk bergabung.

“Kemungkinan itu selalu ada. Saya bilang untuk menjadi timnas, adalah punya hak dan kewajiban. Haknya adalah untuk semua pemain Indonesia yang punya paspor Indonesia, mereka berhak untuk bermain di timnas,'' kata Nova Arianto dikutip dari akun @futboll.indonesia di Instagram.

Hanya saja, pria yang akrab disapa Vava itu hanya akan memanggil pemain keturunan yang punya paspor Indonesia saja, berkaca pada kasus Chow Yun Damanik di Timnas Indonesia U-17.

Dengan syarat seperti itu, kira-kira siapa saja pemain diaspora yang bisa dipanggil oleh Nova Arianto ke Timnas Indonesia U-16? Berikut daftarnya.

1. Ferran Alinegara

Nama pertama yang bisa dipertimbangkan oleh Nova Arianto adalah Ferran Alinegara, pemain yang kini berkiprah di Belanda dan baru berusia 14 tahun.

Ferran sendiri saat ini bermain di ADO Den Haag. Ia memiliki darah Indonesia dari ayah dan ibunya. Bahkan, kakek dan neneknya juga merupakan orang Indonesia.

Diketahui, saat ini sang ayah masih memiliki paspor Indonesia, sehingga pemain berpostur 172 cm itu memiliki paspor Indonesia layaknya Elkan Baggott dan Cyrus Margono.

2. Adam Fabio Saimun

Nama kedua yang juga bisa dipertimbangkan adalah Adam Fabio Saimun. Pemain kelahiran Jerman ini memiliki orang tua asli Indonesia.

Dilansir dari akun Instagram @indobloodtalent, ayahnya sendiri berasal dari Jakarta dan sang ibu berasal dari Lombok.

Saat ini, Adam baru berusia 15 tahun. Pemain berpostur 182 cm ini tengah menimba ilmu di USC Paloma U-16 dan bisa bermain sebagai winger ataupun Fullback.

3. Jayden Foox

Timnas Indonesia U-16 juga punya opsi memanggil Jayden Foox yang saat ini bermain di Australia bersama Malvern City FC.

Pemain yang kini baru berusia 15 tahun itu bisa bermain sebagai winger maupun Fullback. Dilihat dari akunnya, ia sendiri memiliki paspor Indonesia.

Darah Indonesia berasal dari sang ibu yang berasal dari Surabaya. Sedangkan Jayden Foox sendiri lahir dan tumbuh di Australia.

Kontributor: Felix Indra Jaya 

Editor: Irwan Febri

Tag:  #nova #arianto #buka #pintu #inilah #pemain #diaspora #yang #bisa #dipanggil #timnas #indonesia

KOMENTAR