Duel Jorge Martin dan Francesco Bagnaia Siap Melawan Kutukan, Belum Menang di Sirkuit Phillip Island
Pembalap Ducati Lenovo Team asal Italia Francesco Bagnaia (kiri), pembalap Prima Pramac Racing asal Spanyol Jorge Martin (tengah), dan pembalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Marc Marquez (kanan) berlomba dalam Tissot Sprint Race akhir pekan MotoGP Austria di sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 17 Agustus 2024. 
19:40
19 Oktober 2024

Duel Jorge Martin dan Francesco Bagnaia Siap Melawan Kutukan, Belum Menang di Sirkuit Phillip Island

JORGE Martin dan Francesco Bagnaia akan berusaha melawan kutukan tak pernah menang pada balapan utama di MotoGP Island. 

Keduanya akan bersaing memperebutkan kemenangan pada balapan yang akan digela di sana Minggu (20/10) Pukul 10:00 WIB

Sehari sebelumnya, Jorge Martin akhirnya bisa menang saat di Australia pada sesi balapan sprint yang banyak diwarnai insiden tabrakan.

Jorge Martin menambah keunggulannya dalam kejuaraan dunia MotoGP menjadi 16 poin dengan memimpin lomba sprint Grand Prix Sepeda Motor Australia dari awal hingga akhir pada hari Sabtu. 

Pebalap Pramac Ducati itu mendominasi dari posisi terdepan dalam lomba 13 putaran yang diwarnai tabrakan di Phillip Island.

 

 


 

 

Pebalap Spanyol itu, yang meraih posisi pole untuk tahun ketiga berturut-turut di Australia pada Sabtu pagi, memimpin sejak start dan tak pernah kesulitan untuk melintasi bendera finis dengan keunggulan 1,520 detik dari Marc Marquez, sementara Enea Bastianini membuat podium untuk seluruh pebalap Ducati dengan menempati posisi ketiga.

"Hari ini saya pikir akan jauh lebih sulit karena Marc berada di belakang saya, tetapi saya berusaha mempertahankan kecepatan yang sangat cepat," kata Martin setelah mencatat kemenangan sprint keenamnya dalam 17 start musim ini seperti dikutip dari Foxsport.

“Ketika saya melihat ada celah yang besar, saya mulai berusaha sedikit agar bisa bertahan sampai akhir. Itu tidak mudah, anginnya kencang dan tidak konstan, jadi akhirnya menang lagi … Saya sangat senang.”

Penantang utama Martin untuk meraih gelar juara, Francesco Bagnaia, sang juara dunia saat ini, merosot dari posisi kedua ke posisi keempat saat bendera finis berakhir, mendapat penangguhan hukuman setelah pembalap Ducati Marco Bezzecchi dan Maverick Vinales dari Aprilia mengalami kecelakaan besar dengan kecepatan 230 km/jam pada putaran kedua terakhir saat mereka memburu Bagnaia.

Vinales baru saja menyalip Bezzecchi untuk posisi kelima ketika Ducati dari Italia itu menabrak Aprilia dari Spanyol di tikungan pertama, menyebabkan kedua pembalap tergelincir ke perangkap gravel.

Hanya 15 dari 22 pembalap yang melihat bendera finis, dengan Jack Miller dari Australia sebagai salah satu dari tujuh pebalap yang pensiun pada putaran kedelapan.

Miller, yang memulai hanya di posisi ke-16 setelah KTM-nya menabrak kelinci yang berlari melintasi lintasan selama kualifikasi, menggunakan start yang luar biasa untuk melesat ke 10 besar pada putaran pertama, dan berada di posisi kedelapan ketika ia terjatuh dan menyia-nyiakan poin di depan para penggemar tuan rumah.

Marquez merupakan penantang terdekat Martin di babak kualifikasi, namun pemenang tiga kali Grand Prix Australia itu melebar di tikungan pertama dan turun ke posisi kedelapan saat Martin lolos, sedangkan pebalap Spanyol itu unggul lebih dari satu detik dalam tiga putaran saja.

Marquez kembali ke podium pada putaran kelima, sementara Johann Zarco dari Honda, pemenang GP Australia 2023, tersingkir di putaran kesembilan.

Rekan setim Bagnaia, Bastianini, merebut posisi ketiga pada putaran kedelapan, dan saat keunggulan Martin memuncak hingga lebih dari tiga detik pada putaran ke-10, sang juara dunia tampaknya siap berjuang untuk tetap berada di dalam posisi enam besar sebelum Bezzecchi dan Vinales mengalami kecelakaan, kedua pembalap beruntung karena terhindar dari cedera parah.

Martin akan berusaha membalas kekalahannya di Grand Prix putaran terakhir di Phillip Island saat ia memulai balapan utama 27 putaran dari posisi terdepan pada hari Minggu, di mana Marin dan Bagnaia tidak pernah memenangi balapan panjang di Australia sebelumnya.

Marquez, pada tahun 2017, adalah peraih pole terakhir yang menang di Australia, Martin finis ketujuh dari pole pada tahun 2022, dan memudar ke posisi kelima setelah memimpin 26 dari 27 putaran di Island Oktober lalu. 

Martin Raih Pole Position

Pemimpin klasemen Jorge Martin melaju ke posisi terdepan pada hari Sabtu untuk balapan sprint dan grand prix MotoGP Australia, dengan rival utamanya Francesco Bagnaia memulai dari posisi kelima.

Dalam kondisi dingin dan mendung tetapi lintasan kering setelah hujan awal, pembalap Pramac asal Spanyol itu melaju kencang di sirkuit tepi pantai dalam waktu 1 menit 27,296 detik. Ini adalah pole position ketiganya berturut-turut di Phillip Island, tetapi ia belum mampu mengonversinya menjadi kemenangan.

Perjalanannya yang mengagumkan, hanya sedikit di luar rekor putarannya sendiri, menempatkan juara dunia enam kali Marc Marquez ke posisi kedua, tertinggal jauh 0,594 detik, sedangkan Maverick Vinales dari Aprilia mengisi barisan depan.

"Hari ini cuacanya sulit karena angin, lintasannya mengering, tetapi kami tidak tahu apa yang akan terjadi," kata Martin dikutip dari AFP.

"Saya sangat senang bisa meraih pole position lagi -- yang ketiga kalinya berturut-turut. Saya rasa kami yang terbaik dalam hal kecepatan." (mba)


DIRECT POINTS
- Balapan akhir pekan ini akan digelar di Philip Island
- Jorge Martin dan Francesco Bagnaia akan bersaing jadi pemenang
- Sebelumnya kedua pebalap itu belum pernah merasakan kemenangan di sana

 


Agenda MotoGP
Minggu, 20 Oktober 2024
10.00 WIB: Race MotoGP

Daftar Pemenang MotoGP Australia

2019    Marc Marquez    

2022    Alex Rins

2023    Johann Zarco    


Klasemen Sementara Pebalap

1 Jorge Martín        392

2 Francesco Bagnaia    382

3 Enea Bastianini    313

4 Marc Márquez        311

5 Brad Binder        183

6 Pedro Acosta        181

7 Maverick Viñales    163

8 Franco Morbidelli    136

9 Marco Bezzecchi    134

10 F.Di Giannantonio    134


(Tribunnews/mba)

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #duel #jorge #martin #francesco #bagnaia #siap #melawan #kutukan #belum #menang #sirkuit #phillip #island

KOMENTAR