Dieng Run 2024, Menggabungkan Olahraga dan Warisan Budaya
ANTUSIAS: Pelari mengikuti Dien Run 2024 pada Minggu (13/10). (Istimewa)
09:52
13 Oktober 2024

Dieng Run 2024, Menggabungkan Olahraga dan Warisan Budaya

- Ribuan pelari mengikuti Dieng Run 2024 di Lapangan Pandawa, Dieng Kulon, Jawa Tengah, hari ini, Minggu (13/10). Dieng Run 2024 mengajak para pelari merasakan keindahan alam Dieng sekaligus menjaga dan melestarikan warisan budaya yang kaya.

Dieng Run bertujuan untuk menggabungkan kegiatan lari dengan nuansa budaya lokal yang beragam dan menciptakan pengalaman unik bagi setiap peserta. Era belakangan ini lari semakin digemari oleh berbagai kalangan, terutama anak muda.

Lari kegiatan itu tidak hanya bertujuan untuk mengedukasi gaya hidup sehat, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga budaya lokal. Melalui beragam sajian seni dan budaya di sepanjang rute lari, peserta Dieng Run 2024 diajak untuk menikmati keindahan alam sekaligus merasakan kedamaian pikiran yang ditawarkan oleh lingkungan sekitar.

Sebagai bagian dari upayanya terhadap kesehatan dan kebudayaan, Etawalin juga berperan dalam mengedukasi pola hidup sehat. Susu kambing herbal terbuat dari bahan-bahan alami yang kaya nutrisi, seperti jahe, temu lawak, daun salam, sereh, dan kayu manis, yang dikenal memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Minuman itu menjadi pilihan ideal untuk asupan sebelum berolahraga, memberikan energi, dan mendukung kesehatan sendi para peserta.

Dengan menghadirkan pilihan yang mendukung kesehatan, Etawalin bertujuan untuk memperkaya pengalaman peserta selama acara ini.

Event Director Etawalin Dieng Run 2024 Cacik Gunarti menjelaskan, event itu adalah tahun kedua. Antusias masyarakat begitu tinggi. "Kami berharap acara ini tidak hanya sekadar berlari kemudian pulang, tetapi bisa juga menyebarkan hal positif. Ada dampak yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat lokal Dieng,” ujar Cacik Gunarti.

Melalui Dieng Run 2024, Etawalin ingin menunjukkan bahwa olahraga tidak hanya berfokus pada kesehatan fisik, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan mental. Berlari di tengah alam yang indah dan menghirup udara sejuk tidak hanya bermanfaat bagi kebugaran tubuh, tetapi juga membantu peserta merasakan ketenangan dan keseimbangan yang diperlukan dalam hidup. Dieng Run 2024, menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, baik fisik maupun mental.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Etos Kreatif Indonesia (Ethos World) Mukit Hendrayatno menyatakan, Etawalin sebagai mitra Dieng Run 2024 dapat membantu perekonomian Dieng dan sekitarnya. Sebagai produk nasional dengan 100 persen konten lokal dan memenuhi standar Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Etawalin mendukung penuh setiap acara yang berkontribusi pada kesehatan masyarakat Indonesia.

"Kami percaya bahwa kegiatan seperti ini membawa dampak positif yang berkelanjutan untuk daerah Dieng dan sekitarnya, tidak hanya dalam aspek kesehatan fisik tetapi juga dalam pelestarian budaya," ungkap Mukit Hendrayatno.

Apalagi Etawalin Dieng Run 2024 mampu mendatangkan lebih dari dua ribu orang pelari. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian lokal dan mendukung usaha-usaha kecil yang ada di kawasan tersebut. "Kami berharap event lari ini tidak hanya berhenti di Dieng Run saja, tetapi dapat menjaga warisan budaya," tandasnya.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #dieng #2024 #menggabungkan #olahraga #warisan #budaya

KOMENTAR