Berkat Shin Tae-yong, Elkan Baggott Tak Kesulitan Beradaptasi di Bristol Rovers
Gelandang Australia, Jackson Irvine melepaskan tembakkan yang menjadi gol setelah bola terbentur kaki bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott dalam laga babak 16 besar Piala Asia 2023 di di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024. Giuseppe CACACE / AFP.
12:30
3 Februari 2024

Berkat Shin Tae-yong, Elkan Baggott Tak Kesulitan Beradaptasi di Bristol Rovers

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong secara tidak langsung memudahkan langkah Elkan Baggott untuk beradaptasi bersama klub barunya Bristol Rovers. Hal ini dikarenakan juru taktik Bristol Matt Taylor sering memainkan formasi tiga bek.

Taktik tiga bek bisa dibilang mirip dengan apa yang diterapkan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Ketika skema tersebut digunakan, Elkan Baggott hampir pasti menjadi andalan di posisi itu.

Elkan Baggott bergabung dengan Bristol Rovers.Elkan Baggott bergabung dengan Bristol Rovers.

STY Tak akan Pernah Lupakan Momen Kamarnya Digeruduk Pemain Timnas Indonesia Pasca Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Kini, Matt Taylor selaku arsitek Elkan yang baru disebut-sebut memainkan skema serupa. Bagi pemain 21 tahun tersebut tentu menjadi keuntungan karena adaptasi lebih dipermudah.

"Di level internasional (bersama Timnas Indonesia) kami bermain dengan tiga bek, di Ipswich juga musim lalu. Saya memiliki pengalaman yang baik bermain dengan tiga bek," kata Elan Baggott dilansir dari Bristol World, Sabtu (3/2/2024).

"Saya mungkin bermain lebih banyak pertandingan dengan tiga bek daripada tidak," mantan pemain Gillingham itu menambahkan.

Lebih lanjut, Elkan Baggott menuturkan pengalaman internasionalnya bersama Timnas Indonesia tentu berguna untuk Bristol. Apalagi, ia sempat melawan pemain-pemain hebat di Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, Elkan membawa Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Satu kemenangan melawan Vietnam serta tiga kekalahan dari Irak, Jepang, dan Australia merupakan pelajaran berharga sang pemain.

"Saya baru saja kembali dari Piala Asia dan pengalaman itu luar biasa. Anda melihat berbagai bagian dunia bermain melawan orang-orang dari berbagai belahan dunia lain," terang Elkan Baggott.

"Anda juga dapat menyesuaikan permainan Anda secara berbeda dan mengambil hal-hal berbeda yang mungkin tidak Anda dapatkan di sini (klub)," pungkasnya.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #berkat #shin #yong #elkan #baggott #kesulitan #beradaptasi #bristol #rovers

KOMENTAR