Top Skor Timnas Indonesia Era STY Ternyata Pemain Lokal, Golnya Lebih Banyak dari Struick dan Ragnar
Justin Hubner dan Egy Maulana Vikri berselebrasi saat membela Timnas Indonesia (pssi.org)
16:36
9 Oktober 2024

Top Skor Timnas Indonesia Era STY Ternyata Pemain Lokal, Golnya Lebih Banyak dari Struick dan Ragnar

Top skor Timnas Indonesia era kepelatihan Shin Tae-yong yang efektif berjalan sejak 2020 ternyata pemain lokal alih-alih naturalisasi.

Meski kini mengandalkan dua sosok pemain keturunan yakni Rafael Struick dan Ragnar Oratmangoen, para pemain lokal nyatanya punya jasa besar di awal kepelatihan juru taktik asal Korea Selatan itu.

Di bawah pelatih Shin Tae-yong, Timnas Indonesia menunjukkan peningkatan signifikan. Hal itu sejalan dengan performa para pemain lokal yang membaik.

Tiga pemain teratas dalam daftar pencetak gol terbanyak era Shin Tae-yong adalah Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, dan Dimas Drajad.

Baca Juga: Witan Sulaeman Jadi Korban Shin Tae-yong Jelang Timnas Indonesia Lawan Bahrain

Berikut ulasan top skor Timnas Indonesia era Shin Tae-yong:

1. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri (Kanan) Saat Menjebol Gawang Vietnam. (pssi.org)Egy Maulana Vikri (Kanan) Saat Menjebol Gawang Vietnam. (pssi.org)

Egy Maulana Vikri telah menyumbang delapan gol untuk Timnas Indonesia di bawah pelatih Shin Tae-yong, menjadikannya pencetak gol terbanyak selama era ini.

Gol-golnya dicetak di berbagai ajang, termasuk Piala AFF 2020 dan 2022, uji coba internasional, serta kualifikasi Piala Asia 2023 dan Piala Dunia 2026.

Di Piala AFF 2020, Egy mencetak dua gol melawan Singapura dan Thailand, dan di Piala AFF 2022, ia menambah dua gol lagi saat melawan Kamboja dan Brunei.

Baca Juga: Sah! Bek Ikal Keturunan Maluku Siap Bela Timnas Indonesia, Sudah Latihan Bareng Thom Haye

Di 2023, ia juga mencetak gol melawan Turkmenistan, Chinese Taipei, dan Vietnam.

2. Dimas Drajad

Dimas Drajad (Tengah) Saat Berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/dimasdrajad)Dimas Drajad (Tengah) Saat Berseragam Timnas Indonesia. (instagram.com/dimasdrajad)

Dimas Drajad telah menyumbang enam gol untuk Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong, sebuah kontribusi yang signifikan.

Sebagai pemain lokal yang sering dipanggil meski banyaknya pemain naturalisasi, Dimas membuktikan perannya penting bagi tim.

Rinciannya, ia mencetak satu gol melawan Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023, dua gol dalam uji coba melawan Curacao, dan tiga gol ke gawang Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

3. Witan Sulaeman

Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman (IG Witan Sulaeman)Pemain Timnas Indonesia Witan Sulaeman (IG Witan Sulaeman)

Witan Sulaeman berposisi sebagai penyerang sayap, tetapi juga dapat berfungsi sebagai gelandang serang, memberinya peluang lebih besar untuk mencetak gol.

Di era Shin Tae-yong, ia menjadi salah satu pemain produktif dengan total enam gol untuk Timnas Indonesia.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, gol-gol Witan tercipta di berbagai ajang internasional, termasuk satu gol melawan Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dua gol lainnya dicetak saat uji coba melawan Myanmar dan Burundi, serta tiga gol dalam Kualifikasi Piala Asia 2023, melawan Chinese Taipei dan Nepal.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #skor #timnas #indonesia #ternyata #pemain #lokal #golnya #lebih #banyak #dari #struick #ragnar

KOMENTAR