Daftar 8 Negara yang Resmi Tersingkir dari Persaingan ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023
Dua kemenangan Malaysia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 bawa mereka jadi yang tersukses di Asia Tenggara.
16:42
26 Januari 2024

Daftar 8 Negara yang Resmi Tersingkir dari Persaingan ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Sebanyak 16 kontestan yang dipastikan merebut tiket ke fase 16 besar Piala Asia 2023 telah resmi diperoleh. Dengan kata lain, ada delapan negara yang harus tersingkir dari fase penyisihan.

Empat pertandingan yang berlangsung pada Kamis (25/1/2024) memang menjadi penentuan bagi 16 kontestan yang akan lolos ke fase berikutnya. Laga ini mempertemukan delapan negara dari Grup E dan Grup F.

Hasilnya, dari dua laga di Grup E, Korea Selatan harus berbagi poin dengan Malaysia setelah ditahan imbang dengan skor 3-3, sedangkan Bahrain menumbangkan Yordania dengan skor tipis 1-0.

Adapun dua laga yang tersaji di Grup F ialah duel antara Arab Saudi melawan Thailand yang berakhir imbang tanpa gol. Pada laga lainnya, Kirgizstan sukses menahan imbang Oman dengan skor 1-1.

Duel inilah yang sebetulnya ikut memastikan langkah Timnas Indonesia ke fase 16 besar Piala Asia 2023. Sebab, Jika Oman berhasil menang atas Kirgizstan, langkah skuad Merah Putih dipastikan terhenti.

Sebab, posisi Timnas Indonesia yang berada di posisi keempat dalam klasemen peringkat ketiga terbaik bakal digusur oleh Oman yang nantinya mengoleksi empat poin dari tiga pertandingan di fase grup.

Sementara itu, deretan kontestan yang dipastikan lolos ke fase 16 besar Piala Asia 2023 ialah Qatar dan Tajikistan dari Grup A. Selanjutnya, tiga wakil dari Grup B ialah Australia, Uzbekistan, dan Suriah.

Grup C mengirimkan Iran, Uni Emirat Arab, dan Palestina, sedangkan tiga kontestan yang berasal dari Grup D ialah Irak, Jepang, dan Indonesia. Lalu, Grup E menghasilkan Bahrain, Korea Selatan dan Yordania, sedangkan Grup F diwakili oleh Arab Saudi dan Thailand.

Lalu, siapa sajakah negara-negara yang harus gigit jari karena gagal merebut tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023? Berikut Suara.com menyajikan daftarnya.

Daftar Negara yang Dipastikan Tersingkir di Piala Asia 2023

1. China (Grup A)

2. Lebanon (Grup A)

3. India (Grup B)

4. Hong Kong (Grup C)

5. Vietnam (Grup D)

6. Malaysia (Grup E)

7. Oman (Grup F)

8. Kirgizstan (Grup F)

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #daftar #negara #yang #resmi #tersingkir #dari #persaingan #babak #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR