Nelangsa Pratama Arhan: Statistik Miris Suami Azizah Salsha
Bek Kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)
15:06
4 Oktober 2024

Nelangsa Pratama Arhan: Statistik Miris Suami Azizah Salsha

Pemanggilan Pratama Arhan ke Timnas Indonesia edisi Oktober 2024 menarik perhatian karena ia jarang bermain untuk Suwon FC.

Shin Tae-yong baru saja mengumumkan 27 pemain untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain (10/10) dan China.

Malik Risaldi dan Jordi Amat yang pulih dari cedera kembali dipanggil, sementara Justin Hubner absen karena cedera setelah laga melawan Australia.

Meskipun Arhan selalu dipanggil ke Timnas Indonesia, kali ini ada keraguan mengenai keputusan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Ungkap Alasan Panggil Pratama Arhan, Shin Tae-yong Singgung Sesuatu yang Besar

Pratama Arhan, pemain Timnas Indonesia yang minim jam terbang di Suwon FC. (Instagram/pratamaarhan8)Pratama Arhan, pemain Timnas Indonesia yang minim jam terbang di Suwon FC. (Instagram/pratamaarhan8)

Pratama Arhan meraih perhatian bersama Timnas Indonesia sebelum bersinar di PSIS Semarang, di mana ia dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik pada Piala Menpora 2021.

Ia bergabung dengan PSIS di Liga 1 2021/2022, tetapi setelah kurang dari setengah musim, Arhan pindah ke Tokyo Verdy di J2 League pada Februari 2022.

Di Tokyo Verdy, harapannya untuk bermain reguler tidak terwujud, dengan hanya dua penampilan di liga dan dua di Emperor Cup selama dua musim.

Pada 2024, Arhan pindah ke Suwon FC di K League 1, tetapi kesulitan menembus tim utama, hanya sekali dimainkan dan menerima kartu merah hingga pekan ke-32.

Terkait pemanggilan Pratama ke Timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-yong punya alasan khusus. Menurutnya, pemanggilan Arhan untuk mengembangkan bakatnya.

Baca Juga: 3 Kata Pujian Jose Mourinho untuk Mees Hilgers Cs

"Jika timnas tidak memilih dia, performanya bisa merosot. Saya pilih dia untuk masa depan sepak bola Indonesia," ujar Shin pada Desember 2023.

Shin Tae-yong terus mempercayai Pratama Arhan di Timnas Indonesia karena hubungan mereka yang sudah terjalin sejak 2020, saat bersiap untuk Piala Dunia U-20 yang dibatalkan.

Arhan melakukan debut di Timnas pada 2021 saat berusia 19 tahun dan sejak itu selalu menjadi bagian dari skuad.

Dari 49 laga yang dilatih Shin, Arhan hanya absen tujuh kali, menjadikannya pemain yang paling sering dimainkan.

Meski minim menit bermain di klub, Arhan jarang mengecewakan dan dikenal dengan lemparan ke dalam yang menjadi senjata andalan Shin untuk mencetak gol.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #nelangsa #pratama #arhan #statistik #miris #suami #azizah #salsha

KOMENTAR