Nick Kuipers: Di Indonesia Jika Tim Menang, Anda Pahlawan, Jika Tidak...
Bek Persib, Nick Kuipers saat konferensi pers menjelang pertandingan menghadapi PSIS. (Rahman/suara.com)
22:06
3 Oktober 2024

Nick Kuipers: Di Indonesia Jika Tim Menang, Anda Pahlawan, Jika Tidak...

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers berbagi pengalaman bermain di Liga Indonesia sejak 2019 kepada media Belanda. Banyak cerita disampaikan penggawa Maung Bandung itu.

Salah satu yang menarik ialah cerita Nick Kuipers yang menyebut ada perbedaan besar antara suporter bola di Indonesia dan Belanda.

Menurut Nick Kuipers, orang-orang di Indonesia benar-benar hidup untuk sepak bola. Hal ini yang kemudian membuatnya terpacu bermain baik bersama Persib demi meraih hasil positif.

"Orang-orang di sini benar-benar hidup untuk sepak bola. Jika Anda menang, Anda adalah pahlawan dan jika tidak, Anda tidak dapat melakukan apapun," kata Nick kepada Voetbalzone seperti dilansir Suara.com, Kamis (3/10/2024).

Baca Juga: BRI Liga 1: Jeda Kompetisi, Pelatih Persebaya Pilih Pantau Pemain Muda Klub

Bek Persib Bandung, Nick Kuipers. [Dok. Persib]Bek Persib Bandung, Nick Kuipers. [Dok. Persib]

Nick Kuipers kemudian menjelaskan momen saat Persib sukses menjadi juara BRI Liga 1 musim lalu. Nick mengaku tidak menyangka mendapat sambutan yang begitu meraih dari bobotoh--sebutan pendukung Persib.

"Gelar juara musim lalu. Sejak kami datang ke Bandung, kami mendapat sambutan luar biasa. Itu sungguh gila. Seluruh kota penuh orang, seperti karnaval, tapi dengan warna biru dan putih," jelasnya.

"Kami pawai ke tengah kota dan kami benar-benar tak tahu harus ke mana. Kami benar-benar terjebak di antara para pendukung yang bernyanyi dan melomat. Itu benar-benar hal terindah yang saya alami," tambahnya.

Meski begitu, Nick Kuipers juga merasakan momen pahit selama tinggal di Indonesia. Ia mengaku saat pandemi Corono melanda, kondisi menjadi tidak jelas dan Nick Kuipers harus bisa bertahan.

Ia juga menjelaskan bagaimana suporter di Indonesia memperlakukannya bak bintang besar. Selalu ada orang yang ingin berfoto dengannya.

Baca Juga: Bojan Hodak Akui Persib Bakal Kesulitan Hadapi Zheijang FC, Tetap Optimis?

"Ke mana pun kami pergi, selalu ada suporter. Awalnya semua orang ingin berfoto dengan Anda. Butuh beberapa waktu untuk membiasakan diri dengan hal seperti itu di sini,"

"Sangat menyenangkan bahwa hal ini tidak terjadi di mana pun di dunia, tetapi ketika Anda kembali ke Belanda, Anda kembali menjalani kehidupan yang normal lagi," ungkap Nick Kuipers.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #nick #kuipers #indonesia #jika #menang #anda #pahlawan #jika #tidak

KOMENTAR