Siapa Roano Raphael Anthonij? Pemain Keturunan Sumatera Eligible Main di Timnas 5 Negara, Lincah Mirip Ronaldinho
Pemain Keturunan Roano Raphael Anthonij (@bolavers24)
09:19
3 Oktober 2024

Siapa Roano Raphael Anthonij? Pemain Keturunan Sumatera Eligible Main di Timnas 5 Negara, Lincah Mirip Ronaldinho

Siapa Roano Raphael Anthonij? Pemain keturunan Sumatera yang memenuhi syarat untuk bermain bagi lima tim nasional berbeda. Termasuk tersedia untuk Indonesia.

Indonesia tak pernah kehabisan pemain keturunan yang berada di luar negeri, terutama para pemain yang masih berusia muda.

Salah satunya adalah Roano Raphaels Anthonij. Ia merupakan pemain muda yang baru berusia 10 tahun dan memiliki darah keturunan Indonesia.

Dilansir dari laman Instagram @bolavers24, pemain yang akrab disapa Roano itu memiliki darah keturunan Indonesia dari pihak ibunya.

Baca Juga: 3 Kata Jordi Amat usai Dipanggil Shin Tae-yong Lagi ke Timnas Indonesia

Disebutkan, kakek Roano dari pihak sang ibu lahir di Sumatera. Hanya saja tak diketahui di daerah mana sang kakek berasal.

Meski tak diketahui asal sang kakek, ternyata keluarga Roano sebagian masih ada di Indonesia. dilaporkan bahwa dua bibinya tinggal di Malang, Jawa Timur.

Dengan darah Indonesia yang dimilikinya, Roano bisa saja menjadi bagian Timnas Indonesia di masa depan, setidaknya beberapa tahun ke depan.

Tapi, PSSI dan Timnas Indonesia harus bergerak cepat untuk mengamankan jasa Roano. Pasalnya, ia ternyata bisa membela empat tim nasional lainnya. Kok bisa?

Keturunan 5 Negara

Baca Juga: 2 Fakita Menarik Setelah STY Umumkan Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Hadapi China dan Bahrain

Roano Raphael Anthonij merupakan pemain muda yang baru berusia 10 tahun dan tinggal di Belanda. Ia sendiri lahir pada 19 Mei 2014 lalu.

Saat ini, Roano tercatat bermain dan menimba ilmu di mantan klub Rafael Struick di Belanda, yakni ADO Den Haag.

Diketahui, Roano ternyata tak hanya memiliki darah keturunan Indonesia saja. Disebutkan ia memiliki darah keturunan Bonaire, Venezuela, Belanda, dan Italia.

Darah Bonaire dan Venezuela didapatkan dari ayah Roano, sedangkan darah Belanda dan Italia didapatkan dari sang ibu yang juga memiliki darah Indonesia.

Karenanya berdasarkan Regulasi FIFA, Roano pun bisa memilih membela salah satu dari lima negara itu di kancah internasional.

Berbicara soal karier sepak bolanya yang baru seumur jagung, Roano ternyata pernah menimba ilmu di berbagai akademi di klub-klub Eropa.

Dilansir dari laman Instagram-nya, @life.of.roano, ia pernah menimba ilmu di Belanda bersama Soccer Academy Spartaan, Football4U, dan FC Banlieue-HWD.

Kemudian, Roano juga pernah menimba ilmu di Spanyol bersama akademi Elche, Hercules CF, dan Club de Futbol.

Dan kini, Roano tercatat bermain serta menimba ilmu di ADO Den Haag terhitung sejak April kemarin hingga saat ini.

Roano sendiri berposisi sebagai penyerang sayap. Dalam rangkuman video permainannya, ia kerap menunjukkan kelincahannya dalam menyisir sisi lapangan.

Dikutip dari @bolavers24, Roano juga punya catatan apik di usia yang terbilang muda, dengan mencetak 10 gol dan 25 assist lebih di level akademi.

Dengan catatan itu, Roano punya talenta yang masih bisa dikembangkan hingga nantinya ia menjelma sebagai winger tajam nan kreatif.

Jika nantinya Roano menjadi winger tajam nan kreatif, bukan tak mungkin lima negara yang jadi asal usulnya, termasuk Indonesia, akan berebut jasanya guna bersaing di level internasional.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #siapa #roano #raphael #anthonij #pemain #keturunan #sumatera #eligible #main #timnas #negara #lincah #mirip #ronaldinho

KOMENTAR