Menanti Comeback Apriyani/Fadia setelah Menghilang sejak Olimpiade Paris 2024
Siti Fadia Silva Ramadhanti mengaku belum tahu rencana ke depan dengan Apriyani Rahayu. (Dimas Ramadhan/JawaPos.com)
18:54
25 September 2024

Menanti Comeback Apriyani/Fadia setelah Menghilang sejak Olimpiade Paris 2024

- Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti seketika menghilang. Pasangan ganda putri andalan Indonesia itu tak pernah muncul lagi sejak kegagalan total di Olimpiade Paris 2024 dan belum ada tanda-tanda akan comeback alias kembali beraksi. Olimpiade Paris 2024 memang jadi kisah yang pahit untuk Apriyani/Fadia.

Mereka menelan tiga kekalahan alias tak pernah menang dalam tiga pertandingan fase penyisihan grup A. PriFad -akronim Apriyani/Fadia- dipaksa menyerah tiga kali, masing-masing oleh Chen Qingchen/Jia Yifan (Tiongkok), Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang), dan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia).

Selain gagal total di fase grup, perjuangan PriFad dalam Race to Paris alias kualifikasi juga tergopoh-gopoh. Mereka banyak absen karena Apriyani harus bertarung dengan cedera juga.

Selepas gagal di Olimpiade Paris 2024, Apriyani/Fadia tak ada kabar. Mereka mundur dari sejumlah turnamen elite Japan Open 2024 (BWF World Tour Super 750).

Apriyani/Fadia kemudian tak didaftarkan ke Korea Open 2024 (Super 500), Hong Kong Open 2024 (Super 500), dan Taipei Open 2024 (Super 300). Terbaru, PriFad menarik diri dari China Open 2024 yang merupakan turnamen level Super 1000.

Ditemui di Pelatnas PBSI, Siti Fadia menjawab pertanyaan semua pihak. Dia menyebut Apriyani saat ini kondisinya masih belum prima. 

"Kak Apri memang masih dalam tahap pemulihan setelah Olimpiade. Kemarin kan belum pulih 100 persen, jadi benar-benar mau pulihin dulu," kata Fadia di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (25/9).

Nah berbeda dengan Apri, kondisi Fadia sendiri sudah dalam keadaan fit. "Kondisi sejauh ini sih aku, terutama aku udah, maksudnya udah pulih 100 persen," ungkapnya.

"Cuma ada beberapa yang harus diperbaiki juga, harus dievaluasi lagi, dan kalau buat pertandingan selanjutnya sih sebenarnya udah siap secara mental," imbuh Fadia.

Lantas apakah Fadia dan Apriyani sudah ada rencana untuk kembali? Dia mengaku belum tahu. Pebulitangkis jebolan PB Djarum Kudua itu menyerahkan semuanya kepada sang pelatih, Eng Hian.

"Belum tahu sih. Sebenarnya sudah ada rencana sama pelatih juga, sudah diskusi sama pelatih. Aku mengikuti yang terbaik dari pelatih, mau pertandingan kemana, mau siap kemana. Tapi sejauh ini aku tetap terus latihan," ucapnya.

Tak menentunya rencana Apriyani/Fadia membuat muncul spekulasi perombakan atau pergantian. Pemain berusia 23 tahun itupun mengaku juga tidak tahu.

"Enggak sih kayaknya. Belum tahu sih, belum tahu juga. Sambil nunggu Kak Apri benar-benar pulih secara fisik dan lain-lain, belum tahu juga sih. Udah diomongin sama pelatih, cuman belum tahu ke depannya gimana planningnya," pungkas Fadia.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #menanti #comeback #apriyanifadia #setelah #menghilang #sejak #olimpiade #paris #2024

KOMENTAR