PSSI Pastikan Timnas Indonesia Lawan Timnas Belanda pada 25 Oktober
Arsip foto - Pesepak bola Timnas putri Indonesia Claudia Alexandra (kedua kanan) bersama timnya melakukan selebrasi usai memasukkan bola ke gawang Timnas putri Singapura pada laga persahabatan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024). [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/YU]
07:18
22 September 2024

PSSI Pastikan Timnas Indonesia Lawan Timnas Belanda pada 25 Oktober

PSSI telah mengonfirmasi bahwa Timnas Putri Indonesia akan menghadapi timnas Belanda pada FIFA Matchday pada 25 Oktober 2024 di Negeri Kincir Angin.

Pertandingan ini merupakan bagian dari rangkaian persiapan timnas putri dalam menghadapi berbagai kompetisi penting.

"Timnas putri akan berangkat ke Jepang pada 24 September dan berada di sana sampai 21 Oktober 2024," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Vivin Cahyani Sungkono dikutip dari Antara, Sabtu (21/9/2024).

"Setelah itu, mereka bertolak ke Belanda untuk menghadapi timnas Belanda pada FIFA match day tanggal 25 Oktober."

Baca Juga: Striker Keturunan Ramal Masa Depan Timnas Indonesia, Tak Sabar Susul Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Sebelum menggadapi Timnas Belanda, Timnas putri Indonesia akan memulai pemusatan latihan (TC) di Jepang pada 24 September hingga 21 Oktober 2024.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Vivin Cahyani saat memberikan kepada awak media (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Vivin Cahyani saat memberikan kepada awak media (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Selama hampir satu bulan di Jepang, para pemain akan diasah kemampuannya di bawah bimbingan pelatih asal Jepang, Satoru Mochizuki, yang pernah membawa timnas putri Jepang menjuarai Piala Dunia FIFA 2011 sebagai asisten pelatih.

Dalam TC tersebut, 25 pemain yang sedang berlatih di Jakarta akan bergabung dengan tiga pemain diaspora Indonesia sehingga total menjadi 28 pemain.

Selama berada di Jepang, timnas putri tidak akan menetap di satu tempat. Mereka akan berpindah-pindah ke empat hingga lima kota untuk menjalani latihan intensif dan berpartisipasi dalam tujuh pertandingan uji coba.

Salah satu lawan uji coba mereka adalah tim putri dari klub Urawa Reds, yang pernah menjadi tempat Mochizuki bermain sebagai pesepakbola profesional.

Baca Juga: Media Korea Selatan Dibikin Heran dengan Stok Pemain Diaspora Timnas Indonesia

"Timnas putri berada di Jepang selama hampir satu bulan. Setelah itu, timnas ke Belanda," tutur dia.

Pertandingan ini dapat terlaksana berkat undangan resmi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), yang menurut anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Vivin Cahyani Sungkono, merupakan sebuah kehormatan besar bagi Indonesia.

Vivin, satu-satunya perempuan di jajaran Exco PSSI periode 2023-2027, menyebutkan bahwa PSSI tengah berusaha untuk menyiarkan pertandingan ini secara langsung di Indonesia.

"Kami belum sepakat soal jam tayang karena kami ingin pertandingan itu ditayangkan secara langsung, demikian pula laga-laga persahabatan di Jepang. Kami berusaha menghubungi pihak produksi penyiaran di Indonesia agar dapat menayangkan dari sana," kata Vivin.

Setelah pertandingan melawan Belanda, timnas putri tidak langsung kembali ke Indonesia. Mereka akan terbang ke Yordania untuk menghadapi timnas U-20 negara tersebut dalam laga uji coba. Vivin menegaskan bahwa hanya pemain U-20 yang akan dilibatkan dalam uji coba ini.

Rencananya, timnas putri akan kembali ke Indonesia pada 1 November 2024 dan diberi waktu istirahat sejenak sebelum kembali menjalani TC pada 5 November 2024 untuk persiapan Piala AFF Putri 2024 yang akan digelar di Laos.

Turnamen ini dijadwalkan berlangsung pada 23 November hingga 5 Desember 2024, dengan skuad Indonesia dijadwalkan berangkat lebih awal pada 15 November 2024.

Vivin optimis bahwa timnas putri Indonesia mampu meraih gelar juara di Piala AFF Putri 2024, mengingat tidak ada partisipasi dari tim kuat seperti Filipina, Vietnam, dan Thailand.

"Dengan tekad kuat dan persiapan yang matang, kami menargetkan juara," kata dia.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pssi #pastikan #timnas #indonesia #lawan #timnas #belanda #pada #oktober

KOMENTAR