Cemerlang di Piala Asia 2023, Ernando Ari memang Kiper Top di Usia yang Masih Sangat Muda
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari tampil di Piala Asia 2023. [KARIM JAAFAR / AFP]
23:24
22 Januari 2024

Cemerlang di Piala Asia 2023, Ernando Ari memang Kiper Top di Usia yang Masih Sangat Muda

Pelatih kiper Persebaya Surabaya, Benyamin van Breukelen memuji performa Ernando Ari tampil gemilang sejauh ini dalam menjaga gawang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar.

Setelah kalah 1-3 dari Irak pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023, Ernando Ari jadi salah satu faktor kunci kemenangan Timnas Indonesia 1-0 lawan Vietnam pada matchday 2 akhir pekan kemarin.

Untuk laga kontra Vietnam, Ernando mampu membuat penyelamatan-penyelamatan penting untuk tetap membuat gawang skuad Garuda aman dari kebobolan.

Kiper 21 tahun milik Persebaya itu tercatat melakukan tiga penyelamatan penting, dua di antaranya dari peluang yang tercipta di dalam kotak penalti.

Selain itu, pemilik nama lengkap Ernando Ari Sutaryadi itu juga mencatatkan dua sapuan untuk menghalau serangan tim lawan.

Bahkan, penyelamatan heroik di detik-detik terakhir pertandingan Ernando terpilih AFC sebagai 'Magic Moments' di laga tersebut.

"Saya sangat puas dengan penampilan Ernando di Piala Asia ini sejauh ini. Dia beberapa kali melakukan penyelamatan bagus," kata Benyamin van Breukelen seperti dilansir laman Persebaya, Senin (22/1/2024).

"Apalagi penyelamatan dari tendangan bebas di menit akhir itu (lawan Vietnam), bolanya mengarah ke pojok atas gawang tapi bisa ditepis Ernando. Tak diragukan, Ernando kiper top di usianya yang masih sangat muda," sambungnya.

Van Breukelen juga menganggap jika Ernando memang pantas menjadi pemain terbaik dalam laga yang dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor 1-0 tersebut.

"Kalau lihat penampilannya pantas menjadi Man of the Match, kan boleh dibilang babak kedua kita ditekan terus oleh Vietnam," kata pria yang akrab disapa Coach Benny tersebut.

Oleh karena itu, pelatih yang pernah berseragam Niac Mitra Surabaya tersebut berharap Ernando bisa tampil lebih baik lagi pada pertandingan berikutnya, terlebih Timnas Indonesia akan menghadapi tim kuat Jepang pada laga pamungkas Grup D, Rabu (24/1/2024).

"Saya doakan semoga Ernando bisa membawa Indonesia lolos ke babak 16 besar. Kalau sudah lolos ke 16 besar nanti kita lihat kelanjutannya seperti apa," tutur Coach Benny.

"Mudah-mudahan tahun ini Indonesia punya hasil yang baik dengan pemain-pemain mudanya," tukasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #cemerlang #piala #asia #2023 #ernando #memang #kiper #usia #yang #masih #sangat #muda

KOMENTAR