Berapa Durasi Waktu dan Jarak Lari yang Ideal Bagi Tubuh agar Tetap Sehat?
Berlari adalah salah satu olahraga yang ampuh untuk membakar kalori (freepik)
09:47
21 September 2024

Berapa Durasi Waktu dan Jarak Lari yang Ideal Bagi Tubuh agar Tetap Sehat?

- Lari belakangan ini menjadi olahraga yang mulai banyak digandrungi masyarakat. Tidak hanya sekadar olahraga, lari kini menjadi lifestyle atau sport lifestyle.

Digemarinya lari sebagai olahraga karena dianggap sebagai olahraga paling sederhana atau simple. Hampir semua orang bisa melakukannya. Berolahraga lari tidak butuh waktu khusus. Dapat dilakukan pagi atau sore.

Karena sedang jadi tren, tidak jarang banyak orang yang pamer aktivitas larinya di media sosial. Hasil lari itu pun dipamerkan media sosial atau aplikasi Strava.

Di samping tren, ada perlunya memahami soal durai olahraga lari. Dikutip dari Shape, seseorang sebetulnya cukup menghabiskan waktu untuk olahraga lari itu 20 menit. Dalam seminggu cukup melakukannya lima kali. Durasi sepanjang itu dapat membugarkan tubuh.

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, berlari selama 20 menit per hari juga bisa meningkatkan performa, stamina, hingga otot-otot yang ikut terlatih. Jarak yang ditempuh pun juga tidak perlu terlalu jauh. Cukup lari sejauh 9,6 kilometer selama seminggu. Jarak sepanjang itu dianggap sudah dapat membuat tubuh jadi sehat.

Bahkan, bagi yang berlari dengan jarak tempuh lebih rendah akan lebih terhindar dari penyakit kardiovaskular. Mereka yang menempuh jarak yang lebih jauh berpotensi lebih besar.

Ada banyak risiko yang didapatkan ketika berlari terlalu lama dan jauh. Berlari terlalu lama dan jauh dapat memberikan dampak pada jantung.

Mereka yang sering maraton akan berpotensi mengalami kardiotoksisitas. Kardiotoksisitas merupakan penyakit kerusakan jantung yang disebabkan oleh kardio.

Berlari setiap hari juga tidak akan membuat tubuh lebih sehat. Malah bisa mengalami cedera. Berlari setiap hari nantinya tidak akan memberi waktu pada tubuh untuk istirahat.

Hal ini nantinya akan menimbulkan cedera pada bagian tubuh yang sering kali dirasakan pada kaki. Otot pun juga bisa robek karena terlalu sering berlari.

Olahraga lari memang membuat tubuh terhindar dari penyakit diabetes tipe dua, hipertensi, serta kolesterol tinggi. Lari juga mampu mengurangi risiko mengidap penyakit pernapasan dan stroke.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #berapa #durasi #waktu #jarak #lari #yang #ideal #bagi #tubuh #agar #tetap #sehat

KOMENTAR