Ranking Timnas Indonesia Meroket, PM Malaysia Semprot FAM
Timnas Malaysia.(Soha.vn)
21:06
19 September 2024

Ranking Timnas Indonesia Meroket, PM Malaysia Semprot FAM

Geliat Timnas Indonesia dalam waktu terakhir, utamanya di hasil pertandingan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 rupanya membuat khawatir negara tetangga, Malaysia.

Terbaru berdasarkan ranking FIFA, peringkat Timnas Indonesia berhasil di atas Malaysia. Timnas Indonesia saat ini berada di posisi 129, sedangkan Malaysia 132.

Kondisi ini rupanya menjadi perhatian serius PM Malaysia, Anwar Ibrahim. Melansir dari laporan media Vietnam PhaPluat, Kamis (19/9/2024), Anwar Ibrahim meminta pertemuan mendadak dengan pejabat FAM dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia.

Pada pertemuan itu menurut sejumlah sumber mengatakan PM Anwar Ibrahim membahas permasalahan dan kelemahan sepak bola Malaysia.

Baca Juga: Minus Elkan Baggott, Pemain Abroad Timnas Indonesia Rayakan Kenaikan Rangking FIFA

Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)

Di pertemuan itu, PM Malaysia Anwar Ibrahim sempat ungkit perihal dana kucuran yang diberikan pemerintah kepada FAM yakni sebesar 15 juta ringgit Malaysia.

Selain itu, terkait strategi naturalisasi Timnas Indonesia menurut laporan media Vietnam itu juga dibahas oleh Anwar Ibrahim dengan petinggi FAM dan pihak Kementerian Olahraga dan Pemuda Malaysia.

"Sepak bola Malaysia punya banyak kesamaan dengan Indonesia, termasuk Malaysia juga memiliki sejumlah pemain berdarah campuran, tapi kenapa Timnas Indonesia lebih baik dan efektif, sementara Malaysia mengalami kemunduran," ulas media Vietnam itu.

Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim melambaikan tangan ke arah wartawan di veranda Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp]Presiden Joko Widodo (kanan) bersama Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim melambaikan tangan ke arah wartawan di veranda Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (9/1/2023). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp]

Dalam hal kompetisi, PM Anwar Ibrahim meminta agar klub-klub di Malaysia tidak lagi tergantung pada keuangan negara bagian.

Anwar Ibrahim menyarankan tim seperti Johor Darul Taazim melakukan privatisasi dan meningkatkan peran pemegang saham untuk mengelola klub secara profesional.

Baca Juga: Sejarah Batik Ada di Malaysia, YouTuber IShowSpeed Sempat Bingung saat Googling

Terakhir, PM Anwar Ibrahim tak habis pikir mengapa Malaysia tidak bisa memanfaatkan keuntungan sebagai negara yang jadi markas besar induk sepak bola ASEAN, namun pihak FAM tidak memanfaatkan itu untuk bertukar pikir dan berinteraksi.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #ranking #timnas #indonesia #meroket #malaysia #semprot

KOMENTAR