Rafael Struick Satu Barisan dengan Juan Mata hingga Luis Nani usai Gabung Brisbane Roar
Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick gabung klub Australia, Brisbane Roar. [Dok. Brisbane Roar]
22:06
18 September 2024

Rafael Struick Satu Barisan dengan Juan Mata hingga Luis Nani usai Gabung Brisbane Roar

Rafael Struick secara mengejutkan pindah ke A-League atau Liga Australia usai resmi bergabung dengan Brisbane Roar. Kabar resminya diumumkan pada Senin (16/9/2024).

Di Brisbane Roar, Struick menggunakan nomor 7 yang dulu pernah digunakan oleh Shin Tae-yong saat membela klub yang kini dimiliki oleh orang Indonesia, Bakrie Group.

Pro-kontra muncul usai Struick bergabung ke Brisbane. Ada yang menyebut ini sebagai penurunan karir, tak sedikit yang mendukung keputusan pemain 21 tahun itu demi meraih pengalaman dari menit bermain.

Faktanya, Liga Australia punya peringkat lebih tinggi dari Liga Indonesia dan masih menjadi salah satu destinasi para pemain kelas dunia untuk bermain ketika usianya sudah tak lagi muda.

Baca Juga: Media Vietnam Cibir Rafael Struick yang Pindah Brisbane Roar: Itu Tim Lemah

Meski sudah tidak berada di usia emasnya, pemain kelas dunia masih tersemat pada diri mereka. Siapa saja mereka?

1. Juan Mata

Gelandang serang Manchester United, Juan Mata. [JOE KLAMAR / AFP]Gelandang serang Manchester United, Juan Mata. [JOE KLAMAR / AFP]

Pertama ada Juan Mata yang pernah membela sejumlah klub top Eropa, Manchester United dan Chelsea. Eks jebolan Real Madrid itu baru saja bergabung dengan Western Sydney Wanderers.

Mata bergabung dengan Western Sydney setelah sempat menganggur sejak kontraknya tidak diperpanjang klub Jepang Vissel Kobe pada 6 Januari 2024 lalu.

Dengan pengalamannya bermain di level atas seperti Liga Inggris, penampilan Juan Mata tentu bakal menarik atensi ketika Liga Australia 2024/25 dimulai pada Oktober mendatang.

Baca Juga: Rafael Struick Dikritik, Faktanya Peringkat Liga Australia Jauh Lebih Tinggi dari BRI Liga 1

2. Douglas Costa

Pemain Juventus Douglas Costa merayakan golnya ke gawang Lokomotiv Moskow dalam laga lanjutan Grup D di Liga Champions di Moscow RZD Arena stadium. Dimitar DILKOFF / AFPPemain Juventus Douglas Costa merayakan golnya ke gawang Lokomotiv Moskow dalam laga lanjutan Grup D di Liga Champions di Moscow RZD Arena stadium. Dimitar DILKOFF / AFP

Tak mau kalah dari rival sekotanya, Sydney FC, juga bergerak cepat dengan mendatangkan eks pemain Juventus dan Bayern Munchen, Douglas Costa.

Pemain berusia 34 tahun itu dikontrak selama dua musim oleh Sydney FC. Costa diboyong dari klub kampung halamannya di Brasil, Fluminense.

Menariknya Juan Mata dan Douglas Costa akan langsung bertemu di pekan pertama A-League 2024/25 karena Western Sydney Wanderers dijadwalkan melawan Sydney FC pada 19 Oktober.

3. Daniel Sturridge

Daniel Sturridge. [Shutterstock/Celso Pupo]Daniel Sturridge. [Shutterstock/Celso Pupo]

Pada Oktober 2021, Sturridge bergabung dengan Perth Glory. Dengan pengalamannya bermain untuk klub-klub top Eropa macam Manchester City, Chelsea, dan Liverpool, nama Sturridge masih besar saat itu.

Sayangnya cedera membuat Sturridge tidak banyak tampil buat Perth Glory. Ia akhirnya dilepas pada Juni 2022 setelah datangnya pelatih baru Ruben Zadkovich.

4. Luis Nani

Winger Venezia, Luis Nani. [Instagram Venezia]Luis Nani saat berseragam Venezia. [Instagram Venezia]

Mantan pemain Manchester United ini bergabung dengan Melbourne Victory pada 2022. Awalnya ia dikontrak selama dua tahun, namun ia meninggalkan Melbourne Victory pada Mei 2023 setelah hanya tampil 10 kali di liga.

5. William Gallas

Mantan bek Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur ini menjadi pemain Prancis pertama yang bermain di Liga Australia usai bergabung dengan Perth Glory pada 2013. Ia hanya bermain satu musim di sana dengan mencatatkan 15 penampilan.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #rafael #struick #satu #barisan #dengan #juan #mata #hingga #luis #nani #usai #gabung #brisbane #roar

KOMENTAR