Shayne Pattynama: Aku Bukan Orang Asing, Aku Orang Indonesia
Shayne Pattynama mengatakan bahwa ia bukanlah orang asing. Ia tegaskan bahwa dirinya ialah orang Indonesia. [X @idn_abroad]
13:30
13 September 2024

Shayne Pattynama: Aku Bukan Orang Asing, Aku Orang Indonesia

Di tengah kesuksesan Timnas Indonesia meraih hasil positf pada laga babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, muncul isu tak sedap terkait keberadaan pemain keturunan di skuat Shin Tae-yong.

Salah satu penggawa Timnas Indonesia, Shayne Pattynama sempat menegaskan soal siapa dirinya di skuat Merah Putih.

Ditegaskan oleh Shayne bahwa ia bukanlah orang asing. Ia tegaskan bahwa dirinya ialah orang Indonesia.

"Publik banyak salah sangka, mereka mengira saya orang asing, tapi aku bukan orang asing. Aku Pattynama. Aku orang Indonesia, aku bukan orang asing," ucap pemain KAS Eupen itu seperti dilihat Suara.com dari potongan video yang diunggah akun X @shachiver.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Bukan ke NAC Breda, Thom Haye Segera Diresmikan Klub Stefano Lilipaly?

Potongan video ini pun mendapat banyak komentar dari netizen di kolom komentar. Kebanyakan netizen kemudian singgung Peter Gontha.

Eks dubes Indonseia untuk Polandia, Peter Gontha sebelumnya membuat pernyataan yang mengundang pro kontra publik di ruang sosial media.

Peter Gontha mengaku galau dengan komposisi skuat Timnas Indonesia dibawah asuhan Shin Tae-yong. Ia mengatakan bahwa program naturalisasi di Timnas Indonesia hanya bersifat sementara.

Dalam pernyataan di akun Instagram miliknya, Peter Gontha bahkan menyebut bahwa bukan tidak mungkin pemain-pemain seperti Jay Idzes dkk yang dinaturalisasi akan membuang status WNI setelah tak lagi membela Timnas Indonesia.

Peter Gontha bikin heboh. (Instagram/@petergontha)Peter Gontha bikin heboh. (Instagram/@petergontha)

"Apakah anda tau bahwa naturalisasi mereka hanya sementara, karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka?(saya tau)," tulis Peter Gontha.

Baca Juga: Dear PSSI! Ini Ada Pesan Menohok Bojan Hodak Soal Pemain Naturalisasi

Terkait hal ini, PSSI lewat Exco Arya Sinulingga buka suara. Ditegaskan oleh Arya, apa yang disampaikan Peter soal dugaan paspor ganda pemain naturilasi ialah fitnah belaka.

"Pemain diaspora itu punya darah Indonesia. Bahkan ada bapak atau ibunya itu orang Indonesia. Maluku, Manado asli," kata Arya Sinulingga di TikTok pribadinya.

"Kok bisa mempertanyakan mereka dan kebangsaan. Mereka sudah kami urus sesuai hukum kita. Mereka dapat warga negara, kemudian dibawa ke FIFA, pindah federasi," lanjutnya.

"Ada tadi nanya-nanya paspornya. Ketika masuk Indonesia pakai paspor Indonesia, keluar juga paspor Indonesia. Udah lah ga usah bikin kontroversi yang engga bener," tegasnya.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #shayne #pattynama #bukan #orang #asing #orang #indonesia

KOMENTAR