Formula 1 Legend: Adrian Newey Akhirnya Gabung ke Aston Martin dan Tinggalkan Red Bull
Adrian Newey dan Pemilik Tim Aston Martin, Lawrence Stroll. Sumber Foto: Motorsport.com
18:41
11 September 2024

Formula 1 Legend: Adrian Newey Akhirnya Gabung ke Aston Martin dan Tinggalkan Red Bull

Adrian Newey, seorang desainer mobil yang mendunia merupakan salah satu ahli teknik di bidang balapan Formula 1, baru baru ini ramai dibicarakan karena keputusannya untuk bergabung dengan tim Aston Martin.

Keputusan Adrian Newey ini dinilai akan memberikan dampak signifikan bagi tim Aston Martin di arena balap Formula 1.

Lalu, seperti apa perjalanan karir Adrian Newey sebelum memutuskan untuk berpindah ke Aston Martin?

Sejak usia muda, Newey menunjukkan minat yang begitu besar dalam hal teknik dan desain.

Diketahui, ia merupakan lulusan dari Universitas Southampton dengan gelar Aeronautical Engineering yang mempengaruhinya dalam mengasah keterampilan dunia desain dan teknik. Hal ini membawa dirinya untuk mengawali karier di Formula 1.

Awal karier Newey berada pada tim March, yang kemudian mendapat kesuksesan besar dengan tim Williams karena mobil-mobi yang dirancang olehnya memiliki inovasi yang baik saat itu dengan memperkenalkan sistem suspensi aktif.

Kesuksesan Newey dalam terobosan inovasi ini memberikan reputasi dirinya yang sangat besar sebagai salah satu desainer mobil terbaik di Formula 1.

Newey selanjutnya bergabung dengan McLaren pada tahun 1997, dengan terus melanjutkan prestasinya dalam merancang mobil yang karya nya telah mencapai sejumlah kejuaraan dunia.

Saat itu dia dikenal dengan kemampuannya dalam menggabungkan inovasi teknik dengan performa balapan yang lebih unggul dari tim lainnya.

Puncak karier Newey datang setelah dirinya bergabung dengan tim si banteng merah, Red Bull Racing.

Dimana mobil-mobil karya desainnya mendominasi Formula 1 dengan membawa kemenangan tim pada cukup banyak kejuaraan dunia. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu desainer paling sukses dalam sejarah Formula 1.

Meskipun karier-karier yang telah ia capai sebelumnya sudah dianggap sukses dan mendunia, Newey membuat keputusan baru dengan bergabung ke tim Aston Martin yang saat ini sedang memiliki ambisi sangat tinggi dalam besaing dengan tim Formula 1 lainya.

Dilansir dari laman motorsport.com, Aston Martin telah resmi mengumumkan Newey yang bergabung dengan tim mereka sebagai managing partner pada Selasa (10/9) 2024 dan kontrak akan dimulai pada Maret 2025 mendatang.

“Dia adalah mitra terbaik yang bisa saya bawa ke perusahaan, dan kami berniat untuk berada disini dalam perkiraan waktu yang sangat lama.” Ucap pemilik Aston Martin, Lawrence Stroll dalam pengumumannya.

Keputusan Newey untuk bergabung dengan Aston Martin ini menggemparkan cukup banyak penggemar, karena melihat perjalanan karir Newey sebagai salah satu desainer mobil terbaik dan terinovatif sehingga sering kali ia disebut the F1 legend.

Pindahnya Newey ini tentunya diharapkan dapat memberikan perubahan yang signifikan bagi Aston Martin seperti karya-karyanya yang sebelumnya. Ditambah lagi, saat ini Aston Martin telah cukup banyak menunjukkan peningkatan performa tim nya dalam balapan Formula 1 dalam satu tahun terakhir.

Bergabungnya Adrian Newey dengan tim Aston Martin juga dapat dikaitkan dengan ambisi seorang Newey dengan cara yang baru. Diketahui, sebelumnya Newey sudah cukup lama berada pada tim Redbull, dan menginginkan tantangan baru di Aston Martin dengan inovasi barunya.

Hal ini juga tentu berpengaruh pada budaya dalam tim Fomula 1 lainnya. Karena hadirnya Newey dalam merancang mobil yang inovatif dan mendetail, mungkin membuat tim Formula 1 lainnya untuk mengubah strateginya serta membuat inovasi lain agar dapat mencapai kesuksesan.

Tim-tim rival di Formula 1 mungkin perlu menyesuaikan kembali strategi mereka untuk menghadapi balapan yang akan hadir mendatang, mengingat tim Aston Martin yang dianggap menjadi semakin kuat.

Selain itu, diketahui pula bahwa tim yang bergabung dengan Newey sering kali memiliki keuntungan tambahan dari adanya sponsor. Karena, Newey sendiri sudah cukup banyak bekerjasama dengan sponsor dan mitra lainnya sehingga hal ini kan sangat membantu pendanaan dan dukungan bagi tim yang bergabung dengan Newey.

Bergabungnya Newey dengan Aston Martin juga menjadi suatu sejarah baru dalam Formula 1 dalam menciptakan mobil-mobil yang memiliki inovasi lebih brilian dan teknologi yang digunakan.

Secara keseluruhan, bergabungnya Adrian Newey dengan Aston Martin menjadi salah satu langkah yang besar dan sangat berpengaruh dalam sejarah Formula 1. Latar belakang dan pencapaian Newey dalam mendesain dan menciptakan inovasi pada tiap mobil yang dibuatnya terbukti selalu unggul dalam kejuaraan.

Dengan ambisi tim Aston Martin yang cukup kuat juga, tentunya akan menciptakan perubahan baru dalam dunia Formula 1. Para penggemar pasti akan menantikan dengan penuh antusias dalam melihat perubahan ini pada musim balapan mendatang.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #formula #legend #adrian #newey #akhirnya #gabung #aston #martin #tinggalkan #bull

KOMENTAR