Analisis Media Asing Hasil Timnas Indonesia vs Australia: Socceroos Beruntung Tidak Kalah
Cameron Burgess (tengah belakang) dari Australia bereaksi di samping dua pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh (tengah kiri) dan Calvin Verdonk (depan kanan) selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia vs Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 10 September 2024. BAY ISMOYO / AFP
13:24
11 September 2024

Analisis Media Asing Hasil Timnas Indonesia vs Australia: Socceroos Beruntung Tidak Kalah

Timnas Indonesia sukses meraih hasil imbang 0-0 saat melawan Australia dalam lanjutan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/8).

Hasil imbang ini membuat anak asuh Shin Tae-yong dari dua pertandingan meraih 2 poin. Pada laga pertama grup C, Timnas Indonesia juga meraih hasil imbang 1-1 melawan Arab Saudi.

Kegemilangan Timnas Indonesia mampu menahan peringkat ke-24 rangking FIFA itu mendapat pujian dari sejumlah media internasional.

Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan bersama maskot sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 10 September 2024.BAY ISMOYO / AFP.Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan bersama maskot sebelum pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 10 September 2024.BAY ISMOYO / AFP.

Salah satu media olahraga ternama ESPN dalam ulasannya menyebut bahwa Australia hampir kalah dari Timnas Indonesia, andai saja kiper Mathew Ryan tidak melakukan dua penyelamat gemilang di menit akhir.

Baca Juga: Orasi di Depan Suporter Timnas Indonesia, Ini Ucapan Membara Jay Idzes

"Di masa injury time, Australia justru bertahan. Timnas Indonesia yang hampir pasti meraih hasil imbang justru melancarkan serangan dan berusaha mencetak gol," tulis ESPN.

"Mereka berusaha untuk mencetak gol, salah satunya lewat peluang lemparan ke dalam milik Pratama Arhan yang hampir bobol gawang Australia,"

Sementara itu media Inggris The Guardian menyebut hasil imbang memang membuat senang Timnas Indonesia karena lawan yang dihadapi di atas kertas lebih unggul.

Kiper Timnas Indonesia Marteen Paes. [Instagram]Kiper Timnas Indonesia Marteen Paes. [Instagram]

"Laga tadi malam di SUGBK membuat frustasi para pemain Australia dan Indonesia pasti senang dengan hasil imbang ini," tulis The Guardian.

Pelatih Australia Graham Arnold mengaku bahwa secara permainan anak asuhnya lebih baik dibanding Indonesia, namun hasil akhir begitu mengecewakan.

Baca Juga: Maarten Paes Man of The Match, Sosok Nel Appels-van Heyst Jadi Alasan Sang Kiper Pilih Indonesia

"Penampilan kami jauh lebih baik dan para pemain menunjukkan hal itu. Namun hasil akhir sangat mengecewakan. Berapa banyak peluang yang kami ciptakan? Berapa peluang yang kami dapatkan?" kata Arnold. 

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #analisis #media #asing #hasil #timnas #indonesia #australia #socceroos #beruntung #tidak #kalah

KOMENTAR