Jelang Indonesia Masters 2024, Pelatih Beri Catatan untuk Fajar/Rian dkk
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto saat bertanding pada babak 16 besar Malaysia Open 2024 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (11/1/2024). (Dok. PBSI)
09:32
22 Januari 2024

Jelang Indonesia Masters 2024, Pelatih Beri Catatan untuk Fajar/Rian dkk

Ganda putra Indonesia punya banyak catatan menjelang Indonesia Masters 2024 di Istora Senayan, Jakarta, 23-28 Januari 2024. 

Indonesia tanpa gelar dalam dua turnamen bulu tangkis pembuka 2024 di Malaysia Open dan India Open.

Untuk ganda putra, hasil terbaik diraih Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mencapai perempat final di Malaysia dan India. 

Sementara, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan terhenti pada 16 besar Malaysia Open dan absen di India karena Ahsan cedera. 

Adapun Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana selalu kalah pada babak 32 besar. 

Pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat, merinci pekerjaan rumah yang mesti diperbaiki. 

Aryono menilai Fajar/Rian perlu membenahi permainan depan, membangun pertahanan yang solid, dan mengurangi kesalahan. 

"Fajar/Rian dalam dua pertandingan hanya menembus babak delapan besar, hasil ini kurang memuaskan dan masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi terutama meng-cover permainan di depan net supaya bisa tetap bermain menyerang," katanya.

"Pola bertahan juga masih belum rapat. Unforced error juga harus dikurangi terutama servis atau pengembalian servis. Selanjutnya adalah fighting spirit harus keluar dari diri sendiri, saat tertekan harus cepat bisa kembali melawan atau saat unggul harus tetap fokus," ungkapnya. 

Catatan yang sama juga diberikan untuk Fikri/Bagas yang dinilai kurang tenang saat bertanding sehingga melakukan banyak kesalahan. 

"Fikri/Bagas kalah pada babak awal lawan pemain unggulan dari India dan Denmark, pembenahan di sektor permainan depan net dan ketenangan dalam bermain harus terus dibenahi sehingga unforced error bisa dikurangi," ucap Aryono. 

Sementara untuk Leo/Daniel, Aryono meminta mereka untuk memperbaiki rotasi saat menyerang dan fokus saat situasi kritis. 

"Leo/Daniel dalam dua pertandingan ini juga kalah pada babak awal oleh pemain Denmark, masih banyak juga yang harus dibenahi," ucap Aryono.

"Rotasi dalam menyerang dan juga pada saat serangan balik mesti dipertajam. Poin-poin kritis, fokusnya harus lebih kuat," tuturnya melanjutkan. 

Fajar/Rian, Leo/Daniel, dan Fikri/Bagas selanjutnya akan bertanding pada Indonesia Masters 2024 mulai besok, Selasa (23/1/2024). 

Berdasarkan hasil undian, Fajar/Rian bakal melawan Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan (Taiwan) pada babak 32 besar. 

Sementara, Leo/Daniel menantang Mark Lamsfuss/Marvin Seidel (Jerman) dan Fikri/Bagas menghadapi Chen Bo Yang/Liu Yi (China). 

Editor: Farahdilla Puspa

Tag:  #jelang #indonesia #masters #2024 #pelatih #beri #catatan #untuk #fajarrian

KOMENTAR