Jelang Marathon Garmin Run 2024, 120 Peserta Ikut 'Plogging' di Jakarta, Apa Itu?
Peserta Plogging Road To Garmin Run 2024 di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (8/9/2024). 
15:40
9 September 2024

Jelang Marathon Garmin Run 2024, 120 Peserta Ikut 'Plogging' di Jakarta, Apa Itu?

- Rangkaian acara menuju Garmin Run 2024 kembali sukses digelar, Minggu (8/9/2024).

Kali ini, penyelenggara menggelar acara bertajuk 'Plogging with Rekosistem' yang berlangsung di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Plogging sendiri merupakan kegiatan berlari lari kecil atau jogging, sambil memungut sampah di area yang dilewati.

Sebanyak 120 peserta yang turut serta berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 294,82 kilogram, dari rute sepanjang 4 kilometer.

Marketing Communication Manager, Garmin Indonesia, Rian Krisna, mengaku pihaknya sangat mengapresiasi semangat dari para peserta.

Rian pun mengatakan jika ajang ini diambil sebagai bentuk kepedulian terhadap keberlanjutan lingkungan.

"Ini adalah langkah nyata kami dalam mendukung gaya hidup sehat dan berkelanjutan," ujar Rian.

"Dengan menggabungkan olahraga dengan aksi membersihkan lingkungan, kami berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk turut serta menjaga bumi," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, penyelenggara menggandeng Rekosistem sebagai rekan keberlanjutan.

Nantinya, Rekosistem akan mengelola sampah yang terkumpul dan mengubahnya menjadi barang bermanfaat dan bisa digunakan kembali.

VP Business Development Rekosistem, Rizky Satrio, mengatakan jika langkah yang diambil oleh penyelenggara sangat baik untuk meminimalisir masalah sampah di Jakarta.

Rizky berharap kegiatan serupa bisa lebih masal lagi digaungkan, terutama oleh penyelenggara ajang lari.

"Masalah sampah di Jakarta merupakan tantangan yang serius. Kami di Rekosistem sangat mengapresiasi inisiatif Garmin dalam mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam membersihkan lingkungan," kata Rizky.

"Kami berharap kegiatan seperti ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam pengelolaan sampah. Kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat penting untuk mencapai lingkungan yang bersih dan berkelanjutan," sambungnya.

Sebagai catatan, Garmin Run 2024 akan berlangsung di ICE BSD, Tangerang, 29 September mendatang.

Ajang bertema “From Zero to Hero” ini terbuka bagi semua kalangan dengan kategori 5K, 10K, 21K, dan Kids Dash untuk anak-anak.

Tidak hanya itu, tahun ini Garmin Run Indonesia turut mengajak pelari difabel yang ingin merayakan semangat berlari bersama.

“Saya akan ikut Garmin Run 2024 di kategori 21K. Menurut saya kategori 21K ini cukup menantang," kata Natrio Catra Yososha, First Autistic Indonesian Marathoner.

"Untuk persiapannya, selain strength training saya juga latihan lari jarak pendek, menengah, hingga jarak jauh. Selain itu saya juga menjaga nutrisi dan tidur yang cukup,” paparnya.

Tiket ajang yang menjadi bagian dari Garmin Run Asia Series ini pun telah habis terjual dalam waktu dua bulan, dengan jumlah peserta mencapai 7.000 orang termasuk para difabel.

Selain Indonesia, rangkaian Garmin Run Asia Series 2024 juga berlangsung di Taipei, Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, Hongkong, Filipina, dan Jepang.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom

Tag:  #jelang #marathon #garmin #2024 #peserta #ikut #plogging #jakarta

KOMENTAR