Siapa Joseph Simatupang Ferguson? Pemain Keturunan Batak-Inggris, Direkrut Klub Manchester, Bisa Saingin Asnawi
Pemain keturunan Batak-Inggris, Josep Simatupang Ferguson. [Dok. IG/josephfergusonsima]
09:42
9 September 2024

Siapa Joseph Simatupang Ferguson? Pemain Keturunan Batak-Inggris, Direkrut Klub Manchester, Bisa Saingin Asnawi

Masih banyak pemain keturunan Indonesia yang bermain di Eropa, salah satunya ada pada diri Joseph Simatupang Ferguson. Namanya sudah terdengar bahkan sejak 2019, tapi memudar tanpa kabar.

Kini namanya kembali terdengar setelah bergabung dengan klub asal Manchester. Tapi bukan Manchester United yang sering bikin suporternya naik darah itu, klub yang dimaksud adalah FC United of Manchester.

Klub ini memang minim terdengar di telinga fans sepak bola Indonesia karena bermain di divisi bawah Inggris, tepatnya Northern Premier League atau divisi kedelapan.

Lantas, siapa sebetulnya Joseph ini? Berikut ulasan profilnya!

Baca Juga: Dream Team Timnas Indonesia dengan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Full Naturalisasi Tapi Sisa Satu Pemain Lokal

Profil Josep Simatupang Ferguson

Nama belakangnya familiar bagi masyarakat Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, karena menjadi salah satu nama jalan di kawasan sana.

Diketahui sosok bernama lengkap Joseph Ferguson Simatupang ini lahir di Manchester, Inggris, pada 12 Desember 2002.

Diketahui, Josep Ferguson Simatupang memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Sementara ayahnya, warga negara Inggris.

Beberapa tahun lalu, duta besar Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya di akun sosial media miliknya sempat unggah soal Joseph Simatupang.

Baca Juga: Maarten Paes: Saya Gak Sabar Dengar Suporter Nyanyi Tanah Airku

Karir Sepak Bola

Pemain keturunan Batak-Inggris, Josep Simatupang Ferguson. [Dok. IG/josephfergusonsima]Pemain keturunan Batak-Inggris, Josep Simatupang Ferguson. [Dok. IG/josephfergusonsima]

Joseph Simatupang Ferguson diketahui menimba ilmu di Blackburn Rovers sejak usia 11 tahun. Kemudian pada 2019 silam, pemain berposisi bek kanan ini menandatangani kontrak profesional bersama Blackburn Rovers U-18.

Setelah itu ia mampu naik level ke tim U-18 hingga tim U-21 sampai periode 2021. Musim 2021/22, ia mampu tampil 12 kali dengan torehan satu gol bersama Blackburn U-21, tapi ia kemudian sempat dipinjamkan ke Witton Albion.

Pada Juli 2022, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini dilepas secara permanen oleh Blackburn Rovers ke Matlock sebuah klub amatir di Inggris yang hanya bermain di level Liga Utama Utara atau ada di kasta kedelapan Liga Inggris.

Simatupang pun tak lama bermain di Matlock, hanya dari Juli sampai Agustus 2022. Setelah itu ia bergabung ke tim amatir lainnya, Marine FC. Tim ini satu kasta dengan Matlock Town.

Menariknya bersama Marine FC, Joseph Simatupang justru melakoni debutnya di kompetisi atas Inggris yaitu saat bermain 21 menit di ronde pertama Piala FA 2023/24.

Pada Februari 2024, Joseph Ferguson Simatupang lalu meninggalkan Marine FC dan bergabung ke FC United of Manchester.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #siapa #joseph #simatupang #ferguson #pemain #keturunan #batak #inggris #direkrut #klub #manchester #bisa #saingin #asnawi

KOMENTAR