Lawan Timnas Indonesia, Bek Australia Malah Puji Sepak Bola Belanda, Nyinyir?
Bek Australia, Harry Saouttar yang senasib dengan Elkan Baggott karena gagal main di Premier League 2024/2025. (Instagram/harry_souttar)
13:36
8 September 2024

Lawan Timnas Indonesia, Bek Australia Malah Puji Sepak Bola Belanda, Nyinyir?

Bek andalan Australia, Harry Souttar lebih banyak mengulas dan memuji sepak bola Belanda saat diminta menganalisis Timnas Indonesia yang akan jadi lawan mereka pada Selasa (10/9/2024) malam WIB.

Menyitat laman Socceroos, Harry Souttar dimintai tanggapan terkait kentalnya aroma Belanda dalam skuad Timnas Indonesia saat ini.

Sebagai informasi, pelatih Shin Tae-yong membawa 11 pemain keturunan Belanda untuk dua laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada September ini.

Sebanyak 11 pemain tersebut adalah Maarten Paes, Jay Idzes, Justin Hubner, Sandy Walsh, Calvin Verdonk, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick.

Baca Juga: PSSI: Ole Romeny Agak Berat Dinaturalisasi Timnas Indonesia

Melihat fenomena Timnas Indonesia yang semakin "terasa" Belanda, Harry Souttar memilih untuk menganalisis Timnas Indonesia lewat perspektif sepak bola Belanda.

Dia menyebut Belanda adalah negara yang terkenal punya sejarah yang bagus dalam dunia sepak bola. Para pemainnya dianggap cenderung punya teknik mumpuni.

"Timnas Australia juga dahulu punya influens besar dari Belanda. Maksud saya, kami tahu mereka adalah negara yang sangat teknis [dalam hal sepak bola--Red]," kata Harry Souttar dikutip dari laman resmi Socceroos, Minggu (8/9/2024).

"Mereka suka memainkan permainan sepak bola modern, dan sangat bergantung pada teknik. Setidaknya itulah pengamatan saya selama saya mengenal sepak bola Belanda."

Bek Australia, Harry Souttar merayakan gol keempat timnya selama pertandingan Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP.Bek Australia, Harry Souttar merayakan gol keempat timnya selama pertandingan Piala Asia 2023 antara Australia vs Indonesia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 28 Januari 2024.HECTOR RETAMAL / AFP.

Merujuk hal itu, Souttar menilai Timnas Indonesia kini menjadi tim yang kian berbahaya. Dia pun meminta rekan-rekannya untuk menjaga fokus jika tak ingin dipermalukan oleh skuad Garuda.

Baca Juga: Timnas Indonesia Effect, Arab Saudi Diminta Pecat Roberto Mancini!

"Dan Anda tahu, itulah yang kami harapkan pada Selasa malam. Mengenai rasa hormat dari lawan, kami tahu bahwa mereka akan memiliki kualitas yang dapat merugikan kami jika kami tidak bermain dengan baik," kata Souttar.

"Kami fokus pada diri kami sendiri dan apa yang perlu kami lakukan, dan kami yakin sebagai skuad bahwa kami dapat bangkit dari hasil tadi malam dan mengambil langkah, langkah positif menuju kualifikasi ini."

Timnas Indonesia akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Pertandingan akan berlangsung pada Selasa (10/9/2024) pukul 19.00 WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #lawan #timnas #indonesia #australia #malah #puji #sepak #bola #belanda #nyinyir

KOMENTAR