Putri Kusuma Wardani Bangkit, Akhirnya Tembus Final Lagi Setelah 2 Tahun
Putri Kusuma Wardani saat pertandingan Indonesia vs Kazakhstan di BATC 2024./PBSI
23:42
7 September 2024

Putri Kusuma Wardani Bangkit, Akhirnya Tembus Final Lagi Setelah 2 Tahun

- Putri Kusuma Wardani akhirnya bangkit. Pebulu tangkis yang juga anggota polisi wanita (Polwan) itu berhasil menembus final BWF World Tour Super 300 Taipei Open 2024, setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Chiu Pin Chian lewat pertarungan rubber 16-21, 21-16, 21-11 di Taipei Arena, Sabtu (7/9).

Keberhasilan Putri Kusuma Wardani melaju ke ginal jauh dari kata mudah. Dia sempat bermain cukup mengkhawatirkan karena terlalu banyak error atau kesalahan sendiri yang dilakukan. Khususnya pada game pertama sehingga harus menjalani pertandingan tiga game.

Bagi Putri Kusuma Wardani, hasil ini sangat menggembirakan sekaligus melegaskan. Sebab, ini jadi kali pertama dia menembus final lagi setelah sekian lama. 

Ya, terakhir kali Putri Kusuma Wardani menjejak ke partai final adalah pada 3 April 2022 alias 888 hari yang lalu dalam ajang BWF World Tour Super 100 Orleans Masters 2022. Sebuah penantian yang sangat panjang untuk seorang pebulu tangkis profesional.

Karier Putri Kusuma Wardani memang mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Terutama setelah dia memiliki masalah pribadi sejak pertengahan 2023. Akibatnya, performa dan prestasi pemain berusia 22 tahun itu anjlok.

Putri Kusuma Wardani gagal meraih satupun gelar sepanjang 2023. Pada awal 2024 pun performanya belum menunjukkan akan bangkit, di mana dia kerap tersingkir pada babak-babak awal turnamen BWF World Tour tahun ini.

Akibat penurunan performa tersebut, tim pelatih tunggal putri Indonesia pun memutuskan untuk menurunkan kelas turnamen yang diikuti Putri Kusuma Wardani. Dia diparkir dari turnamen top elite level BWF World Tour Super 500 ke atas.

Putri Kusuma Wardani belakangan diberikan kesempatan untuk bermain di level yang lebih rendah, yakni BWF World Tour Super 300. "Jadi kita memang ingin memulai dari awal lagi biar dia lebih confident lagi," kata Herli Djaenudin, asisten pelatih tunggal putri Indonesia.

"Jadi, memang sengaja strategi kita untuk dia diturunkan dulu, biar dapet dulu rasa percaya dirinya, udah gitu baru kita push lagi ke atas," imbuh Herli.

Upaya dan rencana tim pelatih pun membuahkan hasil. Putri Kusuma Wardani kini berhasil kembali ke final lagi di turnamen BWF World Tour Super 300 Taipei Open 2024. Capaian ini sudah sesuai dengan target yang dibebankan tim pelatih.

"Targetnya sama ya, setiap kali berangkat kita targetnya naik podium. Itu memang diwajibkan seperti itu, kita mesti naik podium. Karena masalah nanti hasilnya bagaimana, yang penting dia harus punya target seperti itu," ucap Herli.

Selanjutnya, Putri Kusuma Wardani akan berjumpa dengan Sim Yu Jin dari Korea Selatan pada laga final, Minggu (8/9) besok.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #putri #kusuma #wardani #bangkit #akhirnya #tembus #final #lagi #setelah #tahun

KOMENTAR