Thailand Seri Pembuka Balapan MotoGP 2025 dan 2026, Gantikan Peran Qatar
Thailand Seri Pembuka Balapan MotoGP 2025 dan 2026, Gantikan Peran Qatar - Jorge Martin (kanan) memimpin balapan saat ia membalap Sprint pada Grand Prix MotoGP Thailand di Sirkuit Internasional Buriram di Buriram pada 28 Oktober 2023. 
16:20
21 Agustus 2024

Thailand Seri Pembuka Balapan MotoGP 2025 dan 2026, Gantikan Peran Qatar

- MotoGP mengumgumkan bahwa Thailand bakal jadi seri pembuka balapan MotoGP 2025 dan 2026 mendatang, Rabu (21/8/2024).

Ini jadi terobosan baru di agenda balap kelas premier karena biasanya Qatar yang ditunjuk sebagai pembuka musim balapan MotoGP.

Sejarah baru bagi Thailand karena untuk pertama kalinya jadi seri pembuka MotoGP dan berasal dari Asia Tenggara.

Dilansir MotoGP, Sirtkuit Buriram yang akan jadi venue balapan dijadwalkan berlangsung pada 28 Februari hingga 2 Maret 2025 mendatang.

Namun tanggal yang dicantumkan masih bersifat sementara dan masih ada kemungkinan untuk berubah.

Terkait dengan kepastian Thailand jadi balapan seri pembuka MotoGP dua musim ke depan, Gubernur Otoritas Olahraga Thailand, Gongsak Yodmani mengaku siap.

"Kami menyadari banyak manfaat dari menjadi pembuka musim. Hal ini memberikan kesempatan yang signifikan untuk memanfaatkan acara olahraga kelas dunia untuk merangsang ekonomi dan menghasilkan pendapatan yang besar sejalan dengan kebijakan Sport Tourism. Salah satu faktor yang akan membuat musim 2025 sangat menarik adalah perpindahan pembalap yang signifikan di antara tim," terrang Yodmani.

"Hal ini tidak diragukan lagi akan memikat para penggemar MotoGP di seluruh dunia karena mereka tidak sabar untuk melihat para pembalap papan atas dengan motor baru mereka untuk pertama kalinya di Sirkuit Internasional Chang Buriram."

"Atas nama Otoritas Olahraga Thailand, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dorna Sports dan meyakinkan mereka bahwa Thailand telah sepenuhnya siap dalam segala aspek untuk menjadi tuan rumah putaran pembuka musim 2025 dan 2026."

Kesiapan yang telah disanggupi oleh Thailand selaku venue pembuka MotoGP 2025 dan 2026 disambut baik oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

"Kami sangat senang untuk mengungkapkan bahwa pembuka musim 2025 dan 2026 adalah Grand Prix Thailand di Buriram. Asia Tenggara adalah salah satu pasar terpenting kami, baik untuk olahraga ini maupun untuk pabrik dan mitra kami," ungkap CEO Dorna.

"Thailand adalah tempat yang fantastis untuk menikmati MotoGP, dengan tata letak yang dibuat untuk menampilkan yang terbaik dari balapan jarak dekat kami. Sangat terbukti dengan pertunjukan luar biasa yang kami nikmati di lintasan musim lalu."

"Kami tidak sabar untuk kembali lagi akhir tahun ini dan kemudian kembali lagi pada tahun 2025 untuk balapan pembuka musim yang penuh sejarah," tandasnya.

Terkait tanggal kapan akan dimulainya MotoGP 2025 maupun 2026 nanti masih disesuaikan oleh FIM.

Terlebih untuk MotoGP 2024 belum rampung dan baru berjalan separuh musim.

"Tanggal masih bersifat sementara hingga dikonfirmasi. Kalender FIM MotoGP 2025 yang lengkap dan bersifat sementara akan dipublikasikan oleh FIM setelah musim 2024," tulis laporan Dorna.

Peran Qatar Terganti

Qatar yang masuk dalam kalender MotoGP sejak 2004 sempat didapuk sebagai seri pembuka balapan kelas premier.

Merangkum dari MotoGP, Qatar jadi seri pembuka balapan kelas premier sejak 2007 hingga 2022 lalu.

Total setelah 15 tahun, Qatar sempat menghentikan tradisinya sebagai seri pembuka MotoGP pada edisi 2023.

Hal ini berkaitan dengan renovasi yang dilakukan di Sirkuit Lusail yang membuat Qatar harus menggeser tanggalnya.

Yang biasanya Qatar berada di seri pertama, musim 2023 bergeser menjadi seri kedua terakhir sebelum final Valencia.

Pembalap Ducati Lenovo Team Italia Francesco Bagnaia mengemudikan sepedanya saat Grand Prix MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail di Lusail, utara Doha pada 10 Maret 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) Pembalap Ducati Lenovo Team Italia Francesco Bagnaia mengemudikan sepedanya saat Grand Prix MotoGP Qatar di Sirkuit Internasional Lusail di Lusail, utara Doha pada 10 Maret 2024. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

Namun Qatar kembali menjadi pembuka seri balapan MotoGP pada musim ini tahun 2024.

Pasalnya setelah renovasi telah selesai dan Sirkuti Lusail kembali melanjutkan tradisinya menjadi seri pembuka MotoGP.

Akan tetapi perubahan kembali terjadi di tengah berlangsungnya MotoGP 2024.

Thailand didapuk menjadi seri pembuka balapan MotoGP dua edisi sekaligus yakni 2025 dam 2026.

Artinya Qatar tak akan lagi jadi pembuka dan kembali memutus tradisinya sebagai venue pembuka musim balap kelas premier.

Sampai saat ini belum diketahui pasti alasan Qatar tak lagi jadi seri pembuka balapan MotoGP.

(Tribunnews.com/Niken)

Editor: Drajat Sugiri

Tag:  #thailand #seri #pembuka #balapan #motogp #2025 #2026 #gantikan #peran #qatar

KOMENTAR