Prediksi Pengamat Soal Persaingan Kiper Timnas Indonesia, Lawan Arab Saudi Masih Ernando Ari
Kolase dua kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes dan Ernando Ari. [Dok.Istimewa]
15:54
21 Agustus 2024

Prediksi Pengamat Soal Persaingan Kiper Timnas Indonesia, Lawan Arab Saudi Masih Ernando Ari

Persaingan penjaga gawang di Timnas Indonesia semakin ketat setelah bergabungnya pemain keturunan Maarten Paes. Kehadirannya diprediksi bakal menggoyang posisi Ernando Ari.

Maarten Paes telah menjadi warga negara Indonesia (WNI) lewat proses naturalisasi pada 30 April lalu. Meski demikian, sang pemain belum menjalani debut.

Paes tak bisa langsung membela Timnas Indonesia setelah terganjal aturan FIFA perihal proses perpindahan federasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI.

Namun, setelah PSSI mengajukan banding, Ketua Umum Erick Thohir mengonfirmasi bahwa FIFA memberi lampu hijau bagi Paes untuk mengubah federasi.

Baca Juga: 3 Pengganti Pratama Arhan Jika Dicoret Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia

Kepastian itu membuat kiper FC Dallas itu memenuhi syarat untuk segera membela Timnas Indonesia dan berpeluang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Meski demikian, Paes dipastikan absen saat Garuda bertandang ke markas Arab Saudi di Jeddah pada 5 September 2024.

Dalam laga pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu, PSSI tidak mendaftarkan nama Maarten Paes.

Pasalnya, pendaftaran nama pemain ke AFC sudah ditutup sejak 5 Agustus lalu, sementara perubahan asosiasi Paes baru disetujui FIFA pada Minggu (18/8/2024).

Peta Persaingan Kiper Timnas Indonesia

Baca Juga: Pratama Arhan Telepon Wanita Ini Usai Kabar Azizah Salsha Selingkuh, Reaksinya Begini

Kiper timnas Indonesia, Ernando Ari. (Instagram/@nandoariiiss)Kiper timnas Indonesia, Ernando Ari. (Instagram/@nandoariiiss)

Menurut pengamat sepak bola Indonesia, Ronny Pangemanan atau yang akrab disapa Bung Ropan, kehadiran Maarten Paes menambah ketat persaingan penjaga gawang Timnas Indonesia.

Pasalnya, selain Ernando Ari, Timnas Indonesia sejatinya memiliki banyak kiper berbakat lain dalam diri Adi Satriyo hingga Nadeo Argawinata.

Kehadiran Paes diprediksi bakal mengubah peta persaingan. Kiper berdarah Belanda akan jadi andalan, sementara Ernando Ari turun kasta menjadi pelapis.

“Ernando akan berada di posisi kedua setelah Paes. Jika Nadeo tampil luar biasa, bukan tidak mungkin dia yang masuk,” kata Bung Ropan dikutip Suara.com dari kanal YouTube Sportify, Rabu (21/8/2024).

Maarten Paes jelas diunggulkan jadi kiper utama Garuda merujuk mengalamannya di level Eropa dan MLS.

Paes adalah pemain andalan FC Dallas di MLS 2024. Selain ahli dalam melakukan penyelamatan, dia juga punya atribut kiper modern yang nyaman mengendalikan bola menggunakan kakinya.

Kehadiran Maarten Paes kemungkinan akan menggeser Ernando Ari dari posisi kiper utama Timnas Indonesia, menjadikannya kiper cadangan.

Posisi kiper ketiga kemungkinan akan diisi Muhammad Adi Satryo, yang selama ini menjadi deputi Ari dan tampil baik saat menggantikan Ari yang cedera atau terkena akumulasi kartu.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #prediksi #pengamat #soal #persaingan #kiper #timnas #indonesia #lawan #arab #saudi #masih #ernando

KOMENTAR