Malam Nisfu Sya'ban Sebagai Malam yang Penuh Rahmat, Inilah Amalan yang Wajib Dilakukan!
Mengisi dengan membaca Al-Qur’an pada malam Nisfu Sya’ban./pixabay.com_pexels
23:12
24 Februari 2024

Malam Nisfu Sya'ban Sebagai Malam yang Penuh Rahmat, Inilah Amalan yang Wajib Dilakukan!

Malam Nisfu Sya’ban sebagai malam yang penuh dengan keberkahan dari Allah SWT, merupakan yang selalu dinantikan bagi umat Islam sebagai malam yang penuh dengan keberkahan.

Malam Nisfu Sya'ban merupakan malam atas Rahmat Allah SWT yang turun kepada hamba-hambanya. Sebagai malam yang penuh dengan Rahmat dan keberkahan Allah, malam tersebut hari diisi dengan kegiatan yang mampu mendekatkan hamba-Nya.

Mengenai malam Nisfu Sya'ban, kapankah Malam Nisfu Sya’ban tersebut? Malam yang penuh dengan keberkahan atas Rahmat Allah SWT yang berikan.

Malam Nisfu Sya’ban pada tahun 1445 H tersebut jatuh pada sabtu malam, bertepatan pada tanggal 24 Februari 2024.

Dilansir dari nu.or.id malam Nisfu Sya’ban sebagai malam yang penuh dengan Rahmat Allah SWT, mengampuni segala dosa yang dilakukan oleh hamba-Nya. Malam Nisfu Sya’ban harus senantiasa dimanfaatkan oleh umat Islam.

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Sya'ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).” HR Al-baihaqi.

Malam Nisfu Sya'ban sebagai malam yang penuh Rahmat Allah SWT hendaklah diisi dengan banyak kegiatan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pada Malam Nisfu Sya'ban ini juga untuk senantiasa memperbanyak do’a dan beristighfar kepada Allah SWT, sebagai bentuk permohonan ampunan atas segala dosa yang dilakukan.

Tiga amalan utama: memperbanyak do’a, membaca 2 kalimat syahadat sebanyak-banyaknya, memperbanyak istighfar. (Kitab Mazda fi Sya’ban).

Malam yang penuh dengan Rahmat Allah SWT harus diisi dengan memperbanyak do’a dan istighfar kepada Allah SWT.

Sebagai malam yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam di dunia yaitu malam Nisfu Sya’ban yang penuh dengan Rahmat Allah SWT. Sebagai momentum akan pengampunan dosa-dosa.

Pada malam tersebut Allah senantiasa memberikan ampunan kepada semua dosa yang dilakukan oleh hamba-Nya kecuali dosa orang musyrik.

Catat tanggalnya! Bagi umat Islam Jangan sampai ketinggalan malam Nisfu Sya’ban tersebut sebagai malam yang penuh dengan Rahmat Allah SWT.

Malam Nisfu Sya'ban jatuh pada Sabtu Malam, 24 Februari 2024.
Mari perbanyak doa, membaca 2 kalimat Syahadat beserta memperbanyak Istighfar.

Sebagai hamba yang selalu senantiasa terjerumus pada segala kekhilafan sudah sewajarnya kita harus banyak melakukan doa dan beristighfar atas segala yang kita lakukan.

Selain itu juga kita harus senantiasa membumikan Al-Qur’an untuk dapat mencapai Rahmat Allah SWT, dengan momentum malam Nisfu Sya’ban jangan sampai ketinggalan dan isi dengan kegiatan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Malam Nisfu Sya’ban juga direkomendasikan untuk membaca surat Yasin sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan niat ingin mencapai ridho Allah SWT.

Pada malam ini, khususnya ba’da maghrib juga dianjurkan untuk membaca surat yasin sebanyak 3x dengan niat khusus.

Niat khusus tersebut yaitu: Yasin pertama, diniatkan agar diberikan umur panjang untuk taat kepada Allah SWT.

Yasin kedua, diniatkan agar dijauhkan dari musibah yang akan menimpa kita.
Yasin ketiga, diniatkan agar bergantung hanya kepada Allah semata, tidak bergantung kepada manusia, baik soal rezeki maupun hal lainnya.

Malam Nisfu Sya’ban mudah-mudahan menjadikan kita sebagai hamba yang senantiasa bertaubat dan mengharapkan kehidupan yang penuh berkah akan Ridho Allah SWT.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #malam #nisfu #syaban #sebagai #malam #yang #penuh #rahmat #inilah #amalan #yang #wajib #dilakukan

KOMENTAR