Mengenal 7 Peristiwa Penting Di Bulan Rajab, Isra Mikraj hingga Pembebasan Baitul Maqdis Palestina
peristiwa sejarah umat islam yang terjadi dibulan Rajab (Sumber Foto : freepik)
17:39
2 Februari 2024

Mengenal 7 Peristiwa Penting Di Bulan Rajab, Isra Mikraj hingga Pembebasan Baitul Maqdis Palestina

 

Bulan Rajab merupakan bulan suci penuh ampunan. Di bulan ini umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak Ibadah dan juga beristigfar kepada Allah SWT.

Sebagaimana yang kita ketahui, Rajab menjadi salah satu dari empat bulan mulia (Asyhur Al-hurum) yang diantaranya adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah Muharram, dan Rajab.

Sesuai dengan namanya Rajab atau at Tarjib yang berarti memuliakan, Allah memberikan keberkahan dan kemuliaan bagi umat Islam diseluruh dunia pada bulan ini.

Untuk itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti berpuasa,sedekah, dan perbanyak bacaan istigfar.

Tak hanya itu saja, Bulan Rajab ternyata menyimpan banyak peristiwa penting dalam Sejarah umat Islam termasuk terjadinya peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW hingga Sejarah pembebasan Baitul Maqdis Palestina

Dikutip melalui Nu Online, Jumat (2/2), setidaknya ada 7 peristiwa yang terjadi dibulan Rajab dapat dijabarkan dibawah ini.

  1. Sayyidah Aminah yang Mengandung Nabi Muhammad SAW

Sayyidah Aminah binti Wahid merupakan ibunda dari Nabi besar Muhammad SAW. Ibunda Aminah mengandung Janin pada bulan Rajab.

Ssetelah sembilan bulan mengandung, Sayyidah Aminah kemudian melahirkan manusia yang paling mulia yakni yang Nabi Muhammad, yang bertepatan pada bulan 12 Rabiul Awal.

Kelahiranya merupakan Rahmat yang Allah hadiahkan kepada alam semesta.

  1. Terjadinya Peristiwa Isra Miraj

Pada 27 Rajab, Nabi Muhammad  SAW diberikan mukjizat oleh Allah SWT untuk melakukan dua perjalanan dalam satu malam yang disebut dengan Isra Miraj.

Ini menjadi mukjizat terbesar yang Allah anugerahkan kepada Rasulullah SAW. Dalam peristiwa ini Nabi Muhammad SAW menerima perintah Sholat dan juga ditunjukkan berbagai macam kekuasaan Allah SWT.

  1. Terjadi Perang Tabuk

Pada hari kesepuluh bulan Rajab tahun 9 H bertepatan dengan terjadinya Perang Tabuk. Perang Tabuk merupakan perang yang terjadi antara Kaum Muslimin dan Romawi.

Tabuk sendiri merujuk pada tempat yang terletak di Wadil Qura dan Syam. Perang ini dimenangkan oleh kaum Muslimin yang membuat pasukan muslim semakin didaya karena Romawi menjadi kekuatan militer terbesar dimuka bumi pada saat itu. Perang ini menjadi perang terakhir yang diikuti oleh Rasulullah SAW.  

  1. Raja Al Habasyah Tutup Usia Dalam Islam

Pada bulan Rajab tahun 9 H, Ashimah An Najasyi yang merupakan seorang Raja Al Habasyah tutup usia dalam keadaan muslim.

An Najasyi merupakan seorang raja Habasyah yang adil dan menolong pasukan muslim dari kejaran kaum Quraisy.

Saat mendengar kabar meninggalnya An Najasyi Rasulullah SAW melakukan Sholat Jenazah tanpa menghadiri pemakamanya yang kemudian Sholat ini disebut sebagai ‘Sholat Gaib’

  1. Wafatnya Imam Syafi’i

Imam Syafii merupakan imam Mazhab yang keturunan Quraisy, beliau wafat dalam keadaan sakit pada malam Jumat setelah Maghrib di akhir bulan Rajab tahun 204 H, beliau meninggal dalam usia 54 tahun dan dimakamkan di Mesir

  1. Kelahiran Ali Bin Abi Thalib

Sahabat sekaligus menantu Rasulullah SAW, Ali bin Abi Thalib juga dilahirkan pada Bulan Rajab, beliau lahir di Makkah pada tanggal 13 Rajab setelah 32 tahun kelahiran Rasulullah SAW. Ia merupakan seorang khulafaur Rasyidin keempat, ayahnya merupakan paman Nabi Muhammad SAW Abu Thalib bin Abdul Muthalib dan ibunya Fathimah binti Asad.

  1. Pembebasan Baitul Maqdis Palestina

Pembebasan Baitul Maqdis, Palestina terjadi dibulan Rajab, pada 27 Rajab 583 H yang dipimpin oleh Sultan Shalahudin Al Ayubi yang berhasil merebut kekuasaan dari tentara salib yang telah berkuasa selama hampir 90 tahun dan telah melakukan berbagai kekejaman dan ketidak adilan.

Kemenangan umat islam itu ditandai dengan perjanjian yang dikenal dengan nama ‘Shuh Al Ramlah’

Dalam melakukan pembebasan Al Ayyubi tidak langsung menyiapkan tentara dan juga peralatan perang melainkan mula-mula beliau mempersatukan umat islam dalam satu ikatan Aqidah yang benar yaitu Ahlusunnah wal Jamaah.

Kekuatan Aqidah umat islam merupakan kekuatan dahsyat yang tak terkalahkan. Salah satu untuk mewujudkan upaya itu adalah memerintahkan Muaadzin di semua wilayah yang beliau kuasai untuk kumandangkan Aqidah Asy’ariyyah setiap hari sebelum adzan subuh.

Itulah 7 peristiwa penting yang terjadi di bulan Rajab yang perlu untuk diketahui bagi seluruh umat muslim, semoga bulan mulia ini bisa kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mengenal #peristiwa #penting #bulan #rajab #isra #mikraj #hingga #pembebasan #baitul #maqdis #palestina

KOMENTAR