Rekam Jejak Hendrar Prihadi, PDIP Beri Sinyal Menduetkannya dengan Anies Baswedan
Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi saat mendaftar sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Jateng 2024 di DPD PDI Perjuangan Jateng di Semarang, Kamis (30/5/2024). [ANTARA/I.C. Senjaya]
19:56
19 Agustus 2024

Rekam Jejak Hendrar Prihadi, PDIP Beri Sinyal Menduetkannya dengan Anies Baswedan

PDI Perjuangan mulai melirik Anies Baswedan untuk diusung di Pilgub DKI Jakarta. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu rencananya diduetkan dengan Hendrar Prihadi.

Hal itu diungkapkan Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah. "Ya mungkin nanti PDIP bisa bawa Anies sama Hendrar orang keduanya," kata Said di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Namun, PDIP masih membutuhkan koalisi untuk bisa mengusung bakal calon gubernur. Said menegaskan masih mencari rekan partai yang mau bergabung.

Terlepas dari koalisi, sosok Hendrar Prihadi merupakan kader PDI Perjuangan. Dia pernah memimpin partai berlambang kepala banteng tersebut di Kota Semarang.

Baca Juga: Ridwan Kamil-Suswono Resmi Diusung 12 Parpol di Pilgub DKI 2024, Dukungan Ditegaskan dengan Piagam

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi pernah memenangkan Pilkada Kota Semarang. Lantas siapakah sosoknya? Berikut rekam jejak dan profil singkatnya yang dirangkum Suara.com.

Profil Hendrar Prihadi

Pria kelahiran Kota Semarang pada 3 Maret 1971 itu sebenarnya berniat maju mencalonkan diri di Pilgub Jateng. Hendi pernah memasukkan formulir pendaftaran ke DPD PDIP Jateng. Namun, dia kini dikaitkan dengan Pilgub DKI Jakarta.

Putra bungsu dari 10 bersaudara pasangan Sunarso dan Sutarmi sudah lama terjun di dunia politik.

Hendi tercatat sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI Kota Semarang selama dua periode, yakni 2004-2008 dan 2008-2011. Dari sana dia mengenal politik.

Baca Juga: Resmi Usung RK-Suswono Bareng KIM, Akun Instagram PKS Langsung Dirujak Warganet: Waktunya Unfollow

Pada Tahun 2009, Hendi bergabung dengan PDIP dan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Jateng. Dia pun terpilih untuk periode 2009-2014. Akan tetapi, belum genap selesai menjabat, Hendi mengundurkan diri.

Dia lantas ikut Pilkada di tempat kelahirannya sebagai calon wakil wali kota pada 2010. Hendi yang saat itu juga menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kota Semarang berhasil memenangkan Pilkada di tahun tersebut.

Kemudian pada 2015, Hendi maju sebagai Calon Wali Kota Semarang dan memenangkannya. Dia menjabat dua periode pada 2016–2021 dan 2021–2022. Setelah itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkatnya sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang menjabat sejak tanggal 10 Oktober 2022.

Pendidikan Hendrar Prihadi

Hendi diketahui menghabiskan masa kecil hingga remajanya di Semarang. Dia bersekolah di SD Kristen Gergaji Semarang.

Lulus dari sana, Hendi melanjutkan ke SMPN 3 Semarang. Lalu masuk ke SMAN 1 Semarang.

Usai lulus SMA, Hendi melanjutkan pendidikan di Universitas Katolik Soegijapranata dengan mengambil jurusan ekonomi dan lulus pada 1997. Pada 2002, dia kembali melanjutkan kuliah di program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Tak sampai di situ, pada 2021, Hendi berkuliah doktoral di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro.

Karier Sebelum Politik

Jauh sebelum terjun di dunia politik, Hendi ternyata pernah bekerja di perusahaan bidang alat kesehatan, CV Daya Prima bagian pemasaran kaca mata. Hendi mencoba mendirikan perusahaan bernama CV Sinar Mulia.

Selain berbinisi, Hendi ternyata juga pernah menjadi staf pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata pada 2001-2004.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #rekam #jejak #hendrar #prihadi #pdip #beri #sinyal #menduetkannya #dengan #anies #baswedan

KOMENTAR