Jokowi: Kita Harus Usahakan Minimal Fasih Satu Bahasa Daerah
Presiden Joko Widodo berpidato dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pujakesuma di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu (20/1/2024) (KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)
13:14
20 Januari 2024

Jokowi: Kita Harus Usahakan Minimal Fasih Satu Bahasa Daerah

- Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat Indonesia untuk setidaknya mampu menguasai satu bahasa daerah demi menjaga dan melestarikan budaya daerah.

Jokowi menuturkan, akan lebih baik apabila masyarakat menguasai lebih dari satu bahasa daerah agar keberagaman bahasa dan budaya Indonesia betul-betul terjaga.

"Kita harus mengusahakan minimal itu fasih satu bahasa daerah, karena kita memiliki lebih dari 714 suku dan 1.300 lebih bahasa daerah," kata Jokowi saat membuka Rakornas DPP Pujakesuma di kawasan Ancol, Jakarta, Sabtu (20/1/1024).

Dalam kesempatan ini, Jokowi pun sempat menantang sejumlah hadirin untuk bisa berbincang menggunakan bahasa Jawa dengannya.

Untuk diketahui, Pujakesuma adalah organisasi yang beranggotakan masyarakat keturunan Jawa yang kini menetap di luar Jawa.

"Selamat pagi, pripun kabari pun? Tasih saget basa jawi nopo mboten? (Selamat pagi, bagaimana kabarnya? Masih bisa bahasa Jawa atau tidak?)" ujar Jokowi.


Mantan wali kota Solo itu lantas memberikan hadiah sepeda kepada seorang hadirin yang mampu berbincang menggunakan bahasa Jawa.

Jokowi pun mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara yang besar, terdiri dari 17.000 pulau, 714 suku bangsa, dan lebih dari 1.300 bahasa daearah.

"Bayangkan, yang satu suku bangsa saja perang sampai sekarang enggak rampung-rampung, coba di Timur Tengah," kata dia.

Menurut Jokowi, keberagaman itu harus dirawat, salah satunya dengan Pancasila yang menurutnya telah membuat bangsa Indonesia dapat hidup guyub, rukun, dan bersatu.

"Inilah harus kita terus rawat, kita jaga bersama-sama. Juga jangan lupa kita lestarikan budaya kita, bahasa daerah kita, karena itu merupakan identitas budaya bangsa kita, karakter bangsa kita," ujar Jokowi.

Editor: Ardito Ramadhan

Tag:  #jokowi #kita #harus #usahakan #minimal #fasih #satu #bahasa #daerah

KOMENTAR