Kustim, Baju Kebesaran Suku Kutai yang Dikenakan Jokowi pada Upacara HUT ke-79 RI
Presiden Indonesia Joko Widodo (tengah) mengenakan Baju Kustim, pakaian yang mempunyai kasta tertinggi di Kesultanan Kutai Kartanegara. Istilah ''Kustim'' berasal dari kata ''Kustin'' yang berarti ''kebesaran''. 
14:06
17 Agustus 2024

Kustim, Baju Kebesaran Suku Kutai yang Dikenakan Jokowi pada Upacara HUT ke-79 RI

- Peringatan detik detik proklamasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur telah selesai dilakukan, Sabtu, (17/8/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pejabat lainnya kompak mengenakan baju adat daerah. Begitu juga dengan para tamu undangan yang hadir.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi kompak mengenakan pakaian adat Nusantara.  Pakaian adat tersebut terinspirasi dari Baju Adat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura atau Baju Kustim.

Baju Kustim adalah salah satu pakaian yang mempunyai kasta tertinggi di Kesultanan Kutai Kartanegara. 

Istilah "Kustim" berasal dari kata "Kustin" yang berarti "kebesaran".

Baju Kustim ini hanya digunakan oleh Aji Sultan dan para pangeran serta kakak perempuan Aji Sultan, isteri-isteri pangeran.

Baju ini dipergunakan sultan pada saat upacara penting pada masa Kesultanan Kutai Kartanegara dan pada saat upacara Erau sebagai upacara terbesar dan termegah yang diselenggarakan di Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Usai upacara peringatan HUT ke-79 RI Presiden kembali membagi-bagikan sepeda kepada tujuh orang yang dinilai mendapatkan predikat busana terbaik

Salah satu pemenang baju adat terbaik tahun ini adalah Istri dari Ketua DPD La Nyalla Mattalitti. Para pemenang dinilai berhasil memadukan elemen tradisional dengan yang kontemporer.

Selain istri La Nyalla Mattalitti enam orang lainnya juga mendapatkan sepeda.

Diantaranya yakni: Dona Candra Ginting, Muaiffah Yuliana, Abi Manyuarliandito, Lilis Suryani, Edi Sofyan, drg. Uswatun.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #kustim #baju #kebesaran #suku #kutai #yang #dikenakan #jokowi #pada #upacara

KOMENTAR